• Headline News

    Thursday, December 14, 2017

    Pergelaran Budaya Pada Malam Puncak Festival Kataloka


    SBT, Kompastimur.com 
    Festival Kataloka merupakan Event besar di Kecamatan Pulau Gorom yang dimotori oleh Raja Negeri Kataloka dengan tujuan pelestarian Budaya dan merangsang dunia Pariwisata juga menampilkan pergelaran Seni Budaya pada malam hari sebagai bentuk hiburan untuk Masyarakat, dimulai pada Sabtu, (9/12) pukul 20:00 WIT.

    Pergelaran Seni Tari pada malam Hari menampilkan beberpa Tari, diantaranya, Tari melayu Kataloka yang di persembahkan oleh Putra dan Putri Kataloka, tari Tiwal tanah (Tifa Tanah) dari Negri Administratif Dadaa dan Aroa, Tari Silat Jala yang menceritakan tentang Nelayan yang sedang mencari Ikan di Laut yang dipertunjukan oleh Negeri Administratif Usun, Tari Lusi Sikaru dari Negeri Administratif Sikaru tentang prinsip-prinsip politik dan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan sebagai cita-cita bersama dan masih banyak lagi Tari lainnya. Bahkan pada Festival Kataloka yang Ke-3 ini, dari kecamatan Kelimury pun ambil bagian dalam pentas seni Budaya pada Festival Kataloka tersebut

    Pantauan Media ini, selama kegiatan berlansung, Warga sangat antusias menikmati malam pergelaran Budaya sebagai salah satu item dari Festival Kataloka. Pergelaran Seni Budaya yang dilaksanakan pada malam hari ini sebagai bentuk hiburan yang dipersembahkan kepada para Tamu undangan yang hadir pada Festival Kataloka 2017.

    Salah satu warga Pulau Gorom, Melda yang ditemui media ini disela-sela pergelaran seni ini mengatakan, pergelaran Seni Budaya yang ditampilkan pada malam hari ini sangat luar biasa, bukan saja menghibur tetapi bagian dari pelestarian Budaya di Daerah ini.

    "Bukan saja sebagai hiburan tetapi juga sebagai pelestarian Budaya,"Kata Melda.

    Lebih lanjut ditambahkan, Festival Kataloka bukan sekedar hiburan buat Masyarakat, tetapi Festival Kataloka ini mempunyai daya tarik tersendiri di zaman yang semakin moderen ini, karena lewat Festival Kataloka, para Generasi muda di SBT pada umumnya dan Pulau Gorom pada khususnya tahu tentang adat istiadat dan Budaya di Daerah ini.


    "Bukan sekedar hiburan, tetapi ini pelajar berharga buat katong (Kami) sebagai generasi muda. Lewat Festival ini katong (Kami) semakin paham tentang Budaya di Negeri ini di Zaman moderen," Ucapnya. (KT-FS)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pergelaran Budaya Pada Malam Puncak Festival Kataloka Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top