• Headline News

    Monday, December 18, 2017

    Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kecamatan Gorong Resmi Digelar



    SBT, Kompastimur.com
    Sumberdaya Manusia merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan Dana Desa yang menjadi Program prioritas Pemerintah Pusat yang dikelola Lansung Oleh Pihak Desa. untuk memenuhi target tersebut, Pelatihan peningkatakan Kapasitas terhadap Aparatur Desa di Kecamatan Pulau Gorom resmi digelar pada Sabtu (16/12) yang dipusatkan di SMP Negeri 1 Pulau Gorom.

    Hadir dalam Kegiatan peningkatan kapasitas Aparatur ini terdiri dari, Kepala Desa, Sekdes, dan bendahara Desa serta seluruh perangkatnya yang ada dalam wilayah Kecamatan Pulau Gorom. Sedangkan yang Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya, M.Y.Rumalutur dari BPMD SBT, Haryadi Uding dari Tenaga Ahli (TA) ID P3MD SBT, Semi Mus Latupono Muslim Badilah dari pendamping Desa pemberdayaan (PDP) Kecamatan Pulau Gorom serta Hariyanto Rumbouw dari pendamping Desa tenaga Infrastruktut (PDTI) Kecamatan Pulau Gorom.

    Kegiatan Pelatihan yang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan Aparatur Desa, tentang pengelolaan Dana Desa ini berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Dalam pelatihan ini, para Pejabat Desa serta seluruh perangkat Desa yang hadir sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan pelatihan tersebut. Dalam pelatihan ini, beberapa Materi penting akan disampaikan oleh para Nerasumber, diantaranya, Tugas dan Fungsi Aparatur Negeri (PN dan BPNA), Penanganan Masalah, simulasi Musyawarah Desa, UU desa, Permendes 19 tentang penggunaan Dana Desa Tahun 2018, Penguatan kader teknik desa, RAB desain dan teknik pelaporan, dan Perencanaan partisipatif.

    PDTI Kecamatan Pulau Gorom, Hariyanto Rumbouw kepada Media ini berharap, Kegiatan Pelatihan peningkatakan aparatur Desa yang direncanakan berjalan selama tiga harus ini dapat menjadi muatan sehingga menambah Pengetahuan Para Kepala Desa beserta seluruh perangkat Desanya, sehingga terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal agar dapat mengelola SDA yang ada di Desa masing-masing sehingga cita-cita menuju Desa yang Sejahtera, kuat, dan mandiri bisa tercapai.


    "Harapan Saya, semoga menambah kapasitas Pengetahuan tentang pengelolaan DD sehingga meningkatkan SDM untuk mengelola SDA menuju Desa yang Sejahtera Kuat dan Mandiri,"Harap Rumbouw. (KT-FS)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kecamatan Gorong Resmi Digelar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top