• Headline News


    Thursday, December 14, 2017

    Pangdam Jaya : "Perjuangan Para Pahlawan, Perjuangan Kami Juga"


    Jakarta, Kompastimur.com
    Hari Juang Kartika (HJK) merupakan sebuah peristiwa heroik bagi TNI AD, dimana tanggal 15 Desember 1945 di Kota Ambarawa, TNI AD bersama rakyat melakukan perlawanan sengit melawan musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi.

    Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dipimpin Jenderal Sudirman, meski dihadang dengan kekuatan persenjataan modern dan kemampuan taktik serta strategi sekutu, tak gentar sedikitpun untuk melancarkan serangan dengan taktik “Supit Udang” seraya melakukan pengepungan ketat di semua penjuru kota Ambarawa, hingga tentara sekutu terjepit dan mundur dari Ambarawa menuju Semarang.

    Peristiwa heroik ini akhirnya hingga kini diperingati sebagai Hari Juang Kartika TNI AD. Kodam Jaya melaksanakan Rangkaian Peringatan HJK 2017 dengan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan yang dipimpin langsung oleh Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Jaswandi, Kamis (14/12).

    Dalam rangkaian kegiatan tersebut Pangdam Jaya memimpin langsung penghormatan kepada arwah para pahlawan dan  meletakkan rangkaian bunga serta  penghormatan terakhir dilanjutkan acara tabur bunga yang diikuti oleh segenap Personel Kodam Jaya dengan diiringi lagu gugur bunga yang semakin mengingatkan kita akan perjuangan para pahlawan yang rela gugur demi negara indonesia.

    Kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, di samping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarma baktikan seluruh jiwa raganya juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai para Pahlawan nya.

    Bentuk penghormatan ini tidak akan pernah lepas dari jiwa dan raga putra putri penerus bangsa untuk senantiasa menghormati dan menghargai serta mengenang jasa-jasa para Pahlawan kusuma bangsa yang telah mendahului kita. (KT-rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pangdam Jaya : "Perjuangan Para Pahlawan, Perjuangan Kami Juga" Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top