• Headline News


    Monday, December 4, 2017

    Kini Ikatan Alumni Unipa Dipimpin Petrus Kasihiuw



    Manokwari, Kompastimur.com 
    Setelah tiga hari penyelenggaraan Musyawarah Besar II Ikatan Alumni Universitas Papua sejak (30/11) hingga Sabtu (2/12) Akhirnya memutuskan Petrus Kasihiuw sebagai Ketua Alumni Universitas Papua. Proses pemilihan awalnya terdapat tiga kandidat namun dua kandidat lainya mengundurkan diri. 

    Rektor Universitas Papua Prof. Dr. Yakob Manusawai Mengatakan untuk mendukung kepemimpinan Piter Kasihiuw sebagai Ketua Alumni Unipa maka pihaknya menggerakan kekuatan dari 12 Fakultas yang ada. 

    " Dengan begini kita akan fokuskan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  ke Kabupaten Bintuni Daerah dimana Kasihiuw saat ini memimpin,  bapa tinggal bilang saja kita fokuskan ke sana " Kata Rektor Unipa Prof. Dr. Yakob Manusawai saat memberi sambutan penutup Mubes II di Aula Unipa Sabtu (2/12)

    Dikatakan kekuatan Alumni di sebuah Universitas baik dalam maupun luar Negeri  itu memiliki peran yang sangat penting dan kekuatan Universitas ada pada Alumni ini merupakan poin penting oleh sebab itu pembentukan Alumni Unipa ini bagaimana melihat  peranya di masa depan. 

    "Itulah sebabnya saya banyak menitipkan harapan Universitas ini kepada kekuatan Alumni,  hal ini nanti bisa di lihat pada program-program kerjanya " Kata Manusawai

    Dia berharap adanya Pengurus Alumni yang baru terpilih ini kedepan hal yang paling penting adalah memperkuat konsolidasi Organisasi. Selain itu sebagai orang yang berpengalaman baik di dalam Negeri maupun luar Negeri Rektor menuturkan pengalamanya saat mengunjungi salah satu Universitas di Belanda dia melihat betapa kekuatan Alumni memiliki pengaruh terhadap Universitas tersebut. 

    " Nah kita baru melihat skop di dalam Negeri dulu kan baru berusia 54 Tahun bagaimana kita punya peran di Daerah tetapi juga peran kepada Negara " Ujarnya. 

    Dia bahkan menegaskan bahwa peran Alumnk sangat strategis hal ini berdasarkan evaluasi oleh Kementristik bahwa akreditasi sebuah Universitas itu bagaimana peran Alumni.

    Meaki demikian Manusawai berharap kekuatan alumni Unipa yang sudah ada ini jangan sampai terjebak dalam kepentingan politik praktis,  sebab pengalaman di birokrasi kata dia sangat menyakitkan ketika kita terjebak dalam kepentingan politik. 

    Sementara ketua Alumni Unipa terpilih Petrus Kasihiuw mengatakan dengan terpilihnya dirinya sebagai ketua hal yang paling penting adalah bagaimana menggerakan peran Alumni dalam mempengaruhi kebijakan baik di Pemerintahan maupun di Masyarakat. 

    " Saya rasa bahwa ini tanggung jawab bersama jangan sampai kita kalah dengan Universitas yang sudah memiliki SDM yang mumpuni " Ujar Kasihiuw yang saat ini menjabat Bupati Teluk Bintuni. 

    Lebih lanjut kata dia, pihaknya akan mendorong agar Unipa yang memiliki potensi yang ada ini akan bersaing dengan Universitas yang lain menciptakan calon pemimpin di Tanah Papua Barat. 


    Pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas Papua di rencanakan di awal Tahun 2018 mendatang di Kabupaten Teluk Bintuni tempat Kasihiuw menjabat Bupati.  Dalam penutupan musyawarah Ikatan Alumni itu turut hadir juga sejumlah mantan Rektor Unipa dan juga alumni Unipa yang ada di Manokwari maupun Jayapura. (KT-ARA) 

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kini Ikatan Alumni Unipa Dipimpin Petrus Kasihiuw Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top