• Headline News

    Tuesday, December 5, 2017

    Empat Napi Ini Kabur Dari Lapas Tua Manokwari


    Manokwari, Kompastimur.com
    Empat Narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kampung Ambon Manokwari berhasil melarikan diri pada Minggu (3/12) dini hari.

    Mereka yang kabur tersebut terdiri dari Ricky Bosayor masa tahanan 1 Tahun 6 Bulan, Yosua Infandi masa tahanan 1 Tahun 5 Bulan, Wilye Rembarar masa tahanan 2 Tahun dan Andareas Mandacan masa tahanan 5 Bulan. 

    Narapidana yang melarikan diri itu berhasil kabur dengan menggunakan gergaji besi, kemudian memanfaatkan situasi pada saat itu hujan lebat,  setelah menjebol terali tahanan ini menggunakan sambungan kain sarung sebagai tangga lalu di lempar di atas tepat di kamar 4 C kemudian turun melalui pagar belakang lapas. 

    "Saat melakukan kontrol ruangan petugas jaga mendapat informasi dari penghuni lalas lainya terkait ke empat warga binaan melarikan diri," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Manokwari Yosef Yambise saat menggelar Jumpa pers, Senin (4/12).

    Dikatakan, usai mendapat laporan dari petugas jaga pihaknya kemudian membentuk tim pencarian ke empat warga binaan yang melarikan diri.

    Dia juga telah menyampaikan secara lisan terkait kejadian ini kepada Polres Manokwari agar turut membantu dalam proses pencarian. 

    "Saya juga melakukan upaya pendekatan dengan keluarga Napi yang kabur agar memknta bantu dalam proses pencarian ini,  mereka sangat merespon baik dan siap membantu," kata Mantan Ka Lapas Nabire Papua yang cukup akrab dengan wartawan ini

    Ironisnya ada salah satu tahanan yang sudah menjalani masa hukuman dan tinggal beberapa bulan dinyatakan bebas, namun turut serta kabur dalam pelarian tersebut. 

    "Saya minta mereka yang kabur agar kembali menjalankan masa tahanan,  sebab sudah pasti anda lari dari penjara namun tidak dalam keseharian tidak menikmati kebebasan itu," ujarnya. 

    Penjara Tua Jaman Belanda dan over Kapasitas
    Lapas Manokwari merupakan salah satu lapas di wilayah papua barat yang terbilang usianya sudah lumayan tua,  sebab lapas ini di bangun pada zaman Belanda. Dengan bilik ruangan seadanya Lapas ini hanya bisa menampung penghuninya maksimal 124 Orang. 

    "Kita memang terkendala, sebab saat ini kondisi lapas sudah over kapasitas,  jumlah penghuni kini mencapai 3 orang lebih," kata Yambise. 

    Disisi lain dengan jumlah penghuni lapas ini sebagian merupakan tahanan titipan dari Kejaksaan karena di Manokwari belum ada rumah Tahanan. Sementara keterbatasan sumber daya personil yang terbatas,  lada saat di luar jam di Dinas yang bertugas hanya 4-5 orang Anggota yang menghadapi 324 Narapidana. 

    "Ini sangat rawan, sebab hanya dengan 4-5 orang di tempatkan pada pos-pos tertentu ini jelas tidak seimbang," terang Yambise. 

    Silih berganti kepemimpinan Lapas Manokwari selalu jadi buah bibir  terkait dengan keterbatasan ini bahkan usulan untuk pengembangan lapas pun telah di sampaiikan mepada Pemerintah  namun hingga sejauh ini kondisi tersebut belum mendapat solusi yang kongkrit.  (KT-ARA)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Empat Napi Ini Kabur Dari Lapas Tua Manokwari Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top