• Headline News

    Saturday, December 9, 2017

    Busung Lapar Kembali Ditemukan, Dinkes Segera Bertindak

    ( Ilustrasi)

    Bula, Kompastimur.com
    Busung Lapar kembali ditemukan di Negeri Administratif Kelibingan, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Hal ini ditemui lansung oleh para awak Media saat melintasi penghujung Kampung tersebut pada, Kamis (7/12).

    Bocah yang diketahui bernama Fathir Rumodar, Umur 7 tahun dengan berat badan kurang lebih 5 Kg ini terlihat tersenyum dalam kondisi lemah akibat Gizi buruk yang dideritanya. Anak dari pasangan Ma'araji rumodar dan Jahara Rumodar, yang berprofesi sebagai Petani ini terlihat pasrah akibat kondisi ekonomi yang pas-pasan.

    Saat ditemui para awak media, Ibu tiga Orang Anak ini mengatakan, kondisi yang diderita Anaknya tersebut telah berlansung cukup lama namun akibat tak ada biaya pengobatan sehingga Anaknya tak bisa dirujuk ke Rumah sakit untuk pengobatan.

    Kepala Puskesmas Kilalir, Arifin Manilet, saat dimintai tanggapannya terkait dengan temuan Gizi buruk diwilayah kerjanya mengatakan, pihaknya menemukan penderita Gizi tersebut semenjak penderita (Fathir) berusia 3,6 Tahun. Semenjak itu, pihaknya melakukan langka-langka, mulai dari perbaikan Gizi dan telah melaporkan masalah tersebut ke Dinas Kesehatan dalam Rakor.

    "Kami selalu lakukan langka-langka perbaikan Gizi dan Kami sudah laporkan saat ke Dinas Kesehatan saat Rakor,"Kata Manilet.

    Lebih lanjut manilet menambahkan, Pihaknya selalu Fokus terhadap Pasien penderita Gizi buruk tersebut, namun dirinya meminta dukungan penuh dari pihak keluarga agar pasien(Fathir) bisa dirujuk ke Rumah sakit yang lebih lengkap fasilitas kesehatannya.

    "Kami fokus, hanya saja kami butuh dukungan dari keluarga pasien,"Ucapnya.

    Lebih lanjut ditambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Desa untuk turut membantu pasien sebagai warga yang mendiami Desa Kelibingan, karena ini bukan hanya tanggung jawab pihak Puskesmas namun tanggung jawab semua pihak.


    Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur segera mengambil langka agar pasien tersebut segera dirujuk ke Rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap, agar pasien bisa ditangani dengan baik serta melakukan pencegahan-pencegahan dalam bentuk sosialisasi pola hidup sehat, agar Masyarakat bisa memahami pentingnya Kesehatan yang dimulai dari pola hidup sehat tersebut. (KT-FS)



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Busung Lapar Kembali Ditemukan, Dinkes Segera Bertindak Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Kompas Timur
    Scroll to Top