• Headline News


    Tuesday, February 27, 2024

    Pj. Walikota Ambon Hadiri Acara Buka Sasi Laut di Negeri Rutong

    Ambon, Kompastimur.com
    Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena membuka acara sasi laut untuk hasil perikanan Lola, lopster dan taripang yang berlangsung di Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) Selasa, 27/02/2023.


    Selain Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, turut hadir Raja Negeri Rutong, Reza Maspaitella, dan Raja- Raja se- Kecamatan Letisel, Kepala Dinas Perikanan kota Ambon, Febby Maail, Pimpinan OPD di lingkup pemerintah Provinsi Maluku & Pemerintah Kota Ambon , Kapolsek Letisel, Ipda Rommy Pradipta, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti, Boby Moze, dan tamu undangan lainnya. 


    Selaku Walikota Ambon, Wattimena merasa bersyukur dan bangga melihat semangat dan komitmen yang tinggi dari masyarakat adat dalam melestarikan kearifan lokal dan  menjaga sumber daya pesisir dan laut yang menjadi aset berharga bagi generasi mendatang serta merupakan simbol dari komitmen untuk menjaga laut dari turun temurun.


    Ia menjelaskan, pembukaan 

    sasi laut merupakan filosofi kehidupan di balik ritus yang di lakukan, tersimpan nilai- nilai kearifa lokal yang mengajarkan tentang siklus alam tentang memberi dan menerima tentang harmoni antara manusia dan lingkungan yang telah teruji dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir dan laut. 


    "Perlu disadari bahwa keberlanjutan sumber daya pesisir dan laut merupakan tangung jawab bersama. Oleh karena itu langkah langkah konkrit seperti pembentukan zona - zona sasi, pengaturan waktu penangkapan, serta pendekatan berbasis kearifan lokal sangat penting untuk di implementasikan," tutur Wattimena. 


    Katanya, melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan para pemangku kepentingan lainnya dapat dipastikan kearifan lokal dan prinsip Konservasi menjadi bagian integral dari setiap kebaikan dan tindakan yang di ambil. 


    "Dengan adanya sasi laut mengingatkan tanggung jawab dan peran penting kita bersama dalam menjaga keberlanjutan sumber daya laut serta bagi generasi muda agar terciptalah dampak positif bagi masa depan," tambanya.


    Untuk itu Wattimena juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar tetap terus berperan aktif dalam upaya pelestariannya laut. 


    "Mari kita jaga laut kita dengan penuh kebanggan dan kepedulian serta menjaga Negeri Rutong sebagai ladang kehidupan yang berlimpah dan mari kita jaga laut sebagai masa depan kita bersama," tandas Wattimena. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pj. Walikota Ambon Hadiri Acara Buka Sasi Laut di Negeri Rutong Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top