• Headline News


    Sunday, January 28, 2024

    Polres Bursel Ajak Warga Waenalut Jaga Kamtibmas

    Namrole, Kompastimur.com 
    Polres Buru Selatan melalui Satbinmas mengajak Warga Desa Waenalut, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ) untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban (Kamtibmas) menjelang Pemilihan Umum ( Pemilu ) serentak 14 Februari 2024 mendatang. 


    Hal tersebut di kemukakan Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat ( Kasat Binmas ) Kepolisian Resor ( Polres ) Bursel Ajun Komisaris Polisi ( AKP ) Muhammad Yusuf Ali, kepada media ini, dalam rilis yang di terima media ini, Sabtu, 27 Januari 2024.


    Ajakan ini merupakan upaya Cooling system Binmas Polres Bursel yang dirangkai dengan kegiatan Minggu Kasih, Pokdar Kamtibmas sekaligus pengecekan Pos Keamanan Lingkungan ( Kamling ).


    Sejumlah kegiatan tersebut di laksanakan sekitar pukul 10.30 WIT, pada Jumat, 26 Januari 2024, yang dan berpusat di Balai Desa Waenalut. 


    "Kegiatan Minggu Kasih bertujuan mendekatkan polisi dan masyarakat dalam rangka cooling system pemilu yang aman dan damai. Apalagi, saat ini kita sudah masuk dalam tahap pemilu dan saya menghimbau agar warga Desa Waenalut, bersama sama bisa menjaga kamtibmas di dalam Desanya," ungkap Kasat Binmas, saat memberikan sambutan pada kegiatan Minggu Kasih, Jumat, 26 Januari 2024, di Balai Desa Waenalut. 


    Menurutnya, kegiatan Minggu Kasih merupakan program Kepala Kepolisian Republik Indonesia ( Kapolri ) yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polri, untuk menerima masukan, curhatan dan kritikan dari masyarakat terkait pelayanan Polri maupun permasalahan Kamtibmas dan permasalahan sosial lainnya untuk ditindaklanjuti. 


    "Kegiatan ini merupakan penjabaran dari program Kepala Kepolisian Daerah ( Kapolda ) Maluku, yakni program Basudara Manise dengan tujuan untuk menciptakan rasa aman, damai dan sejahtera di Lingkungan masyarakat. Apalagi Polri saat Ini sangat terbuka dalam menerima kritikan, curhatan dan masukan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan guna melakukan perbaikan, " tutur sarjana hukum ini. 


    Orang nomor satu di Binmas Polres Bursel ini mengaku, Polres Bursel juga akan melaksanakan Polri peduli kebersihan yang akan dilaksankan di Desa Waenalut dengan harapan lingkungan Desa Waenalut, sehat dan bersih. 


    Polres Bursel juga akan membentuk FKPM (Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat) Desa Waenalut, agar penyelesaian masalah yang terjadi di Desa bisa di selesaikan oleh Anggota FKPM yang telah di bentuk.


    Dalam dialog pada kegiatan minggu kasih itu pula, ada tanggapan dari tokoh masyarakat Benny Lesnussa, yang setujui dengan adanya Pembentukan  FKPM di Desa Waenalut. 


    Sementara Elen Lesnussa menyarankan agar Polres Bursel dapat memberikan sosialisasi mengenai tindakan kekerasan kepada anak-anak dan pemuda Desa. 


    Pada kesempatan itu, Kasat Binmas Polres Bursel juga menghimbau warga Desa Waenalut agar selalu berkomunikasi dengan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat ( Bhabinkamtibmas ) Desa agar terciptanya rasa aman dan kondusif di dalam lingkungan seputaran wilayah Kecamatan Namrole, menjelang Pemilu 2024. 

    Sementara, terkait Dengan Tindak Pidana Asusila, Pencabulan dan kekerasan terhadap Anak di bawah umur, warga Desa Waenalut di minta agar jangan mudah terpengaruh dengan berita-berita hoax yang dapat menggangu situasi Kamtibmas.


    "Menghadapi Pemilu 2024 kepada masyarakat agar tidak menjual maupun mengkonsumsi minuman keras berlebihan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas. Untuk permasalahan tanah, agar selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa ( Pemdes ) dan Bhabinkamtibmas maupun Bintara Pembina Desa ( Bhabinsa ) setempat untuk diselesaikan bersama, " ujarnya. 



    Mantan Kasat Binmas Polres Buru ini berharap, Desa Waenalut bisa menjadi Desa percontohan dalam hal kamtibmas dengan cara masyarakat turut berperan aktif dalam menjaga dan memelihara kamtibmas yang kondusif sehingga pemilu berjalan dengan aman dan tertib serta menghindari konflik yang berpotensi menganggu Kamtibmas. 


    Seusai kegiatan Minggu Kasih di lanjutkan memeriksa Pos Sat Kamling Desa setempat, selain Kasar Binmas Pokres Bursel ini, turut hadir dalam dalam kegiatan Minggu Kasih Penjabat Desa Waenalut Maxigen Lesnussa, Ketua Badan Pemusyawaratan Desa ( BPD ) Waenalut Yongki Solissa, Ps Kanit Binpolmas Polres Bursel Brigadir Kepala ( Bripka ) Victor Baker, Kanit Bintibsos Polres Bursel Bripka Nor R Sudarno, Bhabinkantibmas Desa Waenalut Ajun Inspektur Dua ( Aipda ) R Resimaran, Bhabinsa Desa Waenalut Sertu Reyderson, anggota sat binmas Polres Bursel, staf Desa Waenalut, staf BPD dan Desa Waenalut, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, masyarakat dan empat anggota Linmas Desa Waenalut. (Tim)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polres Bursel Ajak Warga Waenalut Jaga Kamtibmas Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top