• Headline News



    Saturday, December 2, 2023

    DPRD Maluku Lakukan Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur

    Ambon, Kompastimur.com
    DPRD Maluku, melakukan rapat paripurna pemberhentian Gubernur Provinsi Maluku, Irjen Pol Purn Drs Murad Ismail dan Wakil Gubernur, Drs Barnabas Nataniel Orno, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Provinsi Maluku, Jumat (1/12/2023).


    Paripurna pengumuman pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah provinsi Maluku masa jabatan 2019-2024 tersebut, di pimpin oleh ketua DPRD provinsi Maluku Benhur George Watubun, di dampingi wakil ketua DPRD Provinsi Maluku lainnya.


    Turut hadir, pimpinan pemerintahan Kota Tual, kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan kota Ambon, namun tidak dihadiri oleh Pj. Gubernur Maluku Irjen Pol Purn Drs Murad Ismail dan Wakil Gubernur Drs Barnabas Nataniel Orno.


    Bahkan Sekda provinsi Maluku Sadali Ie serta seluruh perangkat daerah (OPD) juga sepakat tidak hadir.


    Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur George Watubun mengatakan, paripurna ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu proses dan persyaratan kelengkapan administrasi dalam rangka pengusulan dan penetapan pemberhentian Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku periode 2019-2024.


    Hal ini dilakukan berdasarkan Pasal 201 ayat (5) UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada maka Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2018 berakhir masa jabatannya pada 31 Desember 2023.


    "Perlu kami sampaikan bahwa rapat paripurna ini dilaksanakan untuk memenuhi salah satu proses dan persyaratan kelengkapan administrasi dalam rangka pengusulan dan penetapan pemberhentian Gubernur Maluku dan Wakil Gubernur Maluku masa jabatan 2019 – 2024,” ujar Benhur.


    Lanjutnya, berdasarkan Pasal 78 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, dimana pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah dilakukan dalam rapat paripurna kemudian akan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.


    Berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku juga dipertegas dengan surat Mendagri Nomor 100.2.1.3/6066/SJ tanggal 10 November 2023 perihal usul 3 nama calon pejabat Gubernur yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tito Karnavian.


    Dimana, salah satu poinnya menyebutkan bahwa masa jabatan gubernur Maluku akan berakhir pada bulan Desember, tepatnya 31 Desember tahun 2023.


    "Untuk itu, secara resmi DPRD Provinsi Maluku mengumumkan pemberhentian Gubernur Maluku Irjen Pol Purn Drs Murad Ismail dan Wakil Gubernur Drs Barnabas Nathaniel Orno," tandas Benhur. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD Maluku Lakukan Rapat Paripurna Pemberhentian Gubernur Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top