• Headline News


    Monday, June 5, 2023

    DLH Bakti Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

    Namrole, Kompastimur.com - Sebanyak 328, 8 Kg Sampah plastik yang berhasil di kumpulkan di Desa Masnana, saat bakti, peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Senin, 5 Juni 2023, yang dipusatkan di Tempat pelelangan ikan, Desa Masnana. 


    Demikian dikemukakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH( Samsul Bahri Sampulawa, kepada wartawan, seusia melakukan bakti bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan 9 Desa yang ada di Kecamatan Namrole, serta 13 penerima penghargaan pemerhati lingkungan. 


    Hasil ini, belum di tambah dengan hasil dari 8 Desa lainnya, sebab mereka belum selesai melakukan bakti. Kedelapan Desa di Kecamatan Namrole dimulai dari Desa Waly, sampai dengan Desa Waefusi, khusus Desa yang ada di pesisir pantai. 

    Sementara itu, sambutan Bupati Kabupaten Bursel Safitri Maliki Soulissa, yang dibacakan Asisten I bidang Pemerintahan Ruslan Makatita mengaku, peringatan hari lingkungan hidup sedunia pada 5 Juni 2023 dilaksanakan di semua negara termasuk Indonesia tak terkecuali  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel.


    "Peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang kita peringati saat ini secara bersama mengangkat tema "Beat Plastic Polution" Tema ini menjadi pengingat bahwa tindakan kita terhadap polusi plastik adalah hal yang penting bagaimana kita sebagai individu belajar untuk menggunakan bahan/material atau apapun secara lebih berkelanjutan dengan tujuan untuk mengurangi pemakaian plastik serta mencegah terjadinya polusi plastik dan dampak yang merugikan bagi kesehatan, ekonomi dan lingkungan tidak dapat diabaikan, " Kata Safitri. 


    Orang nomor satu di fuka Bipolo ini mengaku, hari lingkungan hidup sedunia juga membuka mata kita bersama bahwa menjaga bumi dengan segala cara.  Bumi yang kita tempati sekarang akan menjadi rumah dan tempat untuk anak cucu kita kedepan. Karena itu hari lingkungan hidup sedunia akan menjadi sia-sia bila kita hanya berdiam diri saja dalam merayakan, tidak hanya kita mengatakan kepada dunia bahwa kita mencintai alam dan peduli kepadanya.  "Itu semua tidaklah cukup. Kita harus menunjukkan tindakan nyata bahwa kita peduli lingkungan, kita harus memulai dengan hal yang kecil dan sederhana seperti membawa tas belanjaan kita sendiri untuk mengurangi penggunaan tas plastik ketika berbelanja, " tutur Soulissa. 


    Hal kecil seperti itu akan menciptakan perbedaan positif kepada lingkungan kita, jika dilakukan secara konsisten,  tindakan kecil ini akan menjadi sesuatu yang besar di masa depan. 

    Dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia,  Pemkab Bursel melalui DLH telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti bersih lingkungan antara lain sapa berlian,  pilah sampah plastik, termasuk bersih lingkungan pantai di sekitar kota Namrole dan untuk pertama kalinya mengikut sertakan Desa Masnana Program Kampung Iklim (Proklim) kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 


    "Sebagai kepala daerah saya berharap kegiatan pelestarian bukanlah kegiatan yang musiman ataupun kegiatan sesaat, tapi lebih dari itu kegiatan pelestarian lingkungan menjadi agenda tahunan sesuai dengan visi dan misi Pemkab Bursel, " ujar Bupati perempuan pertama di Bumi Lolik Lalen Fedak Fena. 


    Bupati juga menyampaikan, bahwa pada hari ini merupakan puncak dari perayaan hari lingkungan hidup sedunia, Pemkab Bursel akan mencanangkan Proklim Tahun 2023. "Semoga dengan pencangan ini, akan membawa dampak positif terhadap munculnya Kampung/desa dengan program/kegiatan yang peduli dengan pelestarian lingkungan, " Kata Malik. (Yul) 


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DLH Bakti Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top