• Headline News


    Wednesday, May 10, 2023

    Syaiful Sahri : Kami Bangga dan Dukung Kevin Revualo Atas Segudang Prestasinya

    Ambon, Kompastimur.com - Sebagai Kepala Devisit Pemasyarakatan (KADIVPas) Maluku, Dr. Saiful Sahri A.Md.IP.,S.Sos.,M.H mengatakan pihaknya merasa bangga atas prestasi yang di raih oleh Kevin Josse Korintus Revualo, salah seorang UPT LAPAS KELAS III WAHAI, angkatan Tahun 2018.


    Kevin Josse Korintus Revualo adalah UPT Lapas yang masuk tes lewat jalur SMA. Pria kelahiran Ambon 24 Januari 2000 ini memiliki segudang prestasi pada cabang olahraga Bela diri (Karate). Dia saat ini di panggil oleh KONI untuk mengikuti PraPON.


    "Kami sangat bangga dengan Kevin," ucap Sahri kepada media ini, Selasa (9/5/2023) di ruang kerjanya.


    Kata Sahri bahwa, Kakanwil Kemenkumham Maluku,H.M.Anwar.M turut berbangga ketika yang bersangkutan melaporkan kepadanya dan beliau turut mensuport agar Kevin terus berprestasi, semangat dan meningkatkan kemampuan yang ada agar terus menjadi yang terbaik, sebab jika terpilih merupakan kebanggaan Kemenkumham Maluku.


    Sahri menuturkan, Kevin memulai latihan karate saat berusia 3,5 tahun, saat diajak ayahnya pergi ke tempat kerja di PLN karena ayahnya bertugas sebagai seorang security, dan di situ ada yang latihan karate, maka ia di suruh gabung oleh ayahnya.


    "Awal pertandingan Ia ikuti O2SN SD tingkat kecamatan sempat meraih  juara 2, Setelah itu pada tahun 2008 di usia 8 tahun ikut seleksi untuk Kejuaraan Mendagri dan Mendikbud di Lampung, disitu Ia keluar sebagai juara 1 di 2 kelas yang berbeda yaitu kata putra dan komite putra, dan menjadikan Ia lolos ke Tim FORKI Maluku untuk Kejurnas Mendagri dan Mendikbud Lampung," ucapnya.


    "Kami berharap semoga Kevin dapat menyelesaikannya dengan baik dan dapat mewakili Maluku pada jenjang berikutnya di ajang selanjutnya." tutup Sahri.


    Sementara Kevin mengatakan, saat  Kevin menjadi atlit termuda ia berusia 8 tahun saat bertanding pada Kejuaraan Mendagri dan Mendikbud, dan masuk kategori masuk 8 besar.


    Setelah pulang dari Mendagri dan Mendikbud Lampung Ia sering masuk Tim FORKI Maluku, mulai dari SD, SMP sampai SMA.


    "Pada saat SMP sempat dikirim oleh perguruan yaitu GABDIKA Maluku untuk mengikuti Kejurnas SBY Cup di Jakarta dan meraih juara 3, kemudian pada tahun 2013 turut mewakili perguruan GABDIKA Maluku mengikuti Mendagri Di Ternate mewakili Maluku Utara sempat masuk sampai 8 besar," lanjut Kevin.


    Ketika di bangku SMA, Ia sempat menjadi juara 2 pada kelas Beregu Putra POPMAL III mewakili kota Ambon.


    Saat di bangku kelas 3 SMA Ia dipanggil oleh DISPORA untuk bergabung kedalam PPLP yaitu sekolah khusus untuk atlit prestasi provinsi Maluku.


    "Dari sini Ia sempat menjuarai kejuaraan khusus untuk sekolah olahraga dan di tahun 2016, kembali dipercaya oleh DISPORA Maluku untuk berlaga pada event persahabatan 5 Negara yaitu BIMP EAGA, di mana harus bertanding melawan sesama atlit Indonesia dan juga atlit dari negara Brunei Darussalam, Malasya, Philippina dan satu peserta tambahan yaitu Australia.


    "Puji Tuhan saya mendapat perunggu dan bisa menyumbang mendali sehingga Indonesia menjadi juara umum," jelasnya.


    Namun Kevin sempat vakum dari tahun 2018 - 2021 saat menjadi bagian dari kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHam) Maluku dan Divisi Pemasyarakatan yang bertugas di Lapas Wahai.


    Tapi pada awal tahun 2022 Ia kembali dipercaya dan dipanggil untuk mengikuti beberapa pertandingan dan puji Tuhan Ia bisa memberikan yang terbaik sehingga dapat dipanggil lagi untuk masuk dalam Tim TC FORKI MALUKU untuk mengikuti Pra PON. 


    "Dari Karate saya bisa pergi ke beberapa Provinsi yang ada di Indonesia dengan dibiayai oleh Pemprov," tandasnya.


    Sekedar diketahui, ada beberapa prestasi yang di raih oleh Kevin yakni,

    Juara 1 kata putra PORKOT AMBON 2015 (SMA),

    Jara 2 komite putra PORKOT AMBON 2015 (SMA),

    Juara 3 komite beregu putra PORKOT AMBON 2015 (SMA),

    Juara 2 kata beregu putra POPMAL III 2015 (SMA),

    Juara 1 kata putra O2SN tingkat provinsi Maluku dan mewakili Maluku ke O2SN nasional di Makassar 2015,

    Juara 1 kata putra POPNAS tingkat provinsi Maluku dan mewakili Maluku ke Jawa Barat 2015,

    Juara 1 kata dan juara 1 komite putra Piala Bupati Maluku Tenggara Barat 2016 (SMA) ,

    Juara 3 Komite Putra senior -75 kg Open Tournament Garuda Yaksa 2022,

    Juara 2 Komite Putra senior-75 kg Walikota Cup 2022,

    Juara 3 Komite Putra senior -75 kg POPMAL IV 2022.


    Pada Tingkat Nasional:

    Juara 3 Kejurnas SBY Cup 2013 di Jakarta (SMP),

    Juara 2 kejuaraan nasional antara PPLP/PPLPD dan SKO Se Indonesia tahun 2016 (SMA/ Sekolah khusus atlit),

    Tingkat ASEAN

    Juara 3 kata beregu putra BIMP EAGA di Samarinda Kalimantan timur 2016.  (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Syaiful Sahri : Kami Bangga dan Dukung Kevin Revualo Atas Segudang Prestasinya Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top