• Headline News


    Thursday, May 18, 2023

    Atasi Pengangguran Di Kota Ambon, Disnaker Lakukan MoU dengan Berbagai Negara

    Ambon, Kompastimur.com - Berbagai upaya dilakukan oleh kepala Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kota Ambon, Steiven B. Patty untuk mengatasi pengangguran yang terjadi di kota Ambon.


    Salah satunya, pihaknya kini melakukan penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) dengan Australia untuk menyalurkan 108 orang tenaga kerja para lulusan yang ada di kota Ambon.


    Selain permintaan tenaga kerja dari Negara Federal Australia, yang di juluki Benua Hijau ini ada juga beberapa permintaan dari beberapa negara lain.


    "Ada juga permintaan tenaga kerja dari Negara UniEropa, yang berjulukan Biato- Czerwoni itulah sebutan bagi Polandia dan satu lagi permintaan tenaga kerja dari Negeri Seribu Kastil itulah julukan Bagi Cekoslowakia, yang juga masih membutuhkan banyak sekali tenaga kerja Non skill untuk bekerja di sana," ungkap Patty kepada media ini di ruang kerjanya, pekan kemarin.


    Untuk permintaan ke Australia kemarin, telah di lakukan tes bagi peserta dan semuanya berjalan dengan baik. Dari hasil tes itu yang dinyatakan lolos tes ada 108 orang, terbagi atas 3 kategori, yaitu kategori pertama yang benar benar lulus, dan kategori lulus dengan bersyarat, dan yang ketiga kategori lulus dengan pertimbangan.


    "Bagi mereka yang telah lolos seleksi untuk kerja di Australia wajib mendaftar kembali  pada Dinas tenaga kerja Kota Ambon (Disnaker) karena yang mendaftar kembali berarti dinyatakan siap untuk berangkat, bagi yang tidak mendaftar kembali tidak bisa diberangkatkan dan tidak ada unsur paksaan dari pihak Disnaker maupun perusahaan terkait, karena ini adalah peluang untuk mengatasi pengangguran yang terjadi di kota Ambon," ungkap Patty.


    Untuk mengatasi tingkat kesulitan mengenai pembiayaan uang muka bagi mereka yang akan berangkat, Patty bersama Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, saat ini telah melakukan berbagai upaya dengan pihak Bank BTN untuk membantu mereka yang akan berangkat ke Australia.


    Ia mengungkapkan bahwa saat ini sementara sedang dibuka pendaftaran bagi tenaga kerja di untuk memenuhi kebutuhan permintaan negara Cekollowakia dan Polandia.


    "Banyak sekali peluang peluang kerja yang ada bagi pencari kerja (pencaker), silahkan datang ke kantor Dinas tenaga kerja (Disnaker) kota Ambon untuk mengecek peluang yang tersedia sesuai keahlian dari masing - masing pencaker," tutup Patty. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Atasi Pengangguran Di Kota Ambon, Disnaker Lakukan MoU dengan Berbagai Negara Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top