• Headline News


    Monday, May 15, 2023

    Apa Penyebab Sariawan? Cari Tahu Disini Yuk!

    https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-potret-rasa-sakit-raut-wajah-5624170

    Apa penyebab sariawan? Banyak faktor yang bisa jadi pemicu atau penyebab timbulnya sariawan. Faktor pemicunya bisa berasal dari dalam tubuh atau luar tubuh. Penyebab ini sering kali diabaikan sehingga sariawan pun kerap datang menghampiri.


    Sariawan sendiri adalah kondisi luka pada bibir atau area mulut yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari baik dengan pengobatan atau tidak.  Siapapun bisa mengalami sariawan, tapi yang paling sering mengalaminya adalah wanita. Sebab, perubahan hormon pada wanita sering terjadi dibandingkan pria.


    Inilah Penyebab Sariawan 

    Mengalami sariawan memang tidak nyaman, baik itu dalam melakukan aktivitas makan atau aktivitas yang lainnya. 


    Selain merasakan perih, biasanya mulut kering juga kerap kali dirasakan. Seringnya mengalami sariawan juga perlu diwaspadai karena bisa saja menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan kondisi tubuh. 


    Sebelum mencari tahu pengobatannya, yuk cari tahu dulu mengapa Anda sering mengalami sariawan di bawah ini;


    Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

    Mulut yang tidak terjaga kebersihannya bisa jadi lahan yang menggiurkan bagi kuman atau jamur untuk menimbulkan beberapa penyakit mulut seperti sariawan. Mulut yang jarang dibersihkan dengan sikat gigi, dengan obat kumur akan membuat kuman dan jamur tumbuh dengan subur.


    Kekurangan Nutrisi

    Apa penyebab sariawan? Bisa jadi salah satu faktor pemicunya adalah karena kekurangan nutrisi. Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa kekurangan zat besi, kekurangan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan asam folat akan menyebabkan timbulnya sariawan. Penyebab dari kekurangan tersebut bisa karena asupannya yang tidak tercukupi atau terdapat masalah penyerapan nutrisi pada usus.


    Stres

    Stres juga bisa jadi pemicu lain timbulnya sariawan. Orang yang sering kali mengalami stres berpotensi tinggi untuk mengalami sariawan dibandingkan dengan orang yang tidak stres. Hal tersebut karena orang yang stres kerap abai dengan kesehatan dan tidak menjaga nutrisi dengan baik.


    Perubahan Hormon

    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa wanita adalah golongan yang lebih sering mengalami sariawan karena sering pula mengalami perubahan hormon. Kondisi saat menstruasi, hamil hingga menopause kerap membuat hormon naik turun hingga menimbulkan sariawan. Di samping itu penggunaan pil KB dan KB suntik juga dapat menjadi penyebab sariawan.


    Cedera di Bagian dalam Mulut

    Penyebab lainnya mengapa mengalami sariawan adalah karena adanya cedera atau luka pada bagian dalam mulut. Misalnya saja karena tergigit atau cara menyikat gigi yang salah. Penggunaan kawat gigi dan bulu sikat gigi yang terlalu kasar juga bisa jadi penyebab cedera di dalam mulut.


    Penggunaan Pasta Gigi dengan Kandungan SLS

    Penggunaan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) juga dapat menjadi pemicu timbulnya sariawan. Zat ini dipercaya mampu mengikis lapisan mulut hingga timbul sariawan. Apabila ingin terbebas dari sariawan, penggunaan pasta gigi dengan zat ini harus Anda hindari.


    Setelah mengetahui apa penyebab sariawan, Anda juga wajib mencari tahu bagaimana cara pengobatannya. Bisa menggunakan pengobatan alami atau pengobatan secara medis. Untuk pengobatan alami Anda bisa meniru resep dari orang tua secara turun temurun.


    Bagi Anda yang lebih suka pengobatan medis, selain berkunjung ke dokter Anda juga bisa membeli obat penghilang sariawan baik yang oles atau kumur-kumur. obat sariawan ampuh ini semakin mudah pula di dapatkan. Termasuk salah satunya membeli di Blibli.com. Ada banyak pilihan obat sariawan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan sariawan yang mengganggu.


    Membeli obat semacam ini di Blibli.com, Anda tidak perlu khawatir tentang kualitasnya. Sebab, Blibli selalu mengutamakan kualitas apalagi jika untuk obat penyakit seperti sariawan. Tentunya obat yang dijual telah mendapatkan  izin dan sertifikat halal. Pengiriman cepat dan tentunya aman. Yuk, percayakan obat sariawan kamu di Blibli.com sekarang juga. (KT-01)



    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Apa Penyebab Sariawan? Cari Tahu Disini Yuk! Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top