• Headline News



    Wednesday, March 8, 2023

    Kapolsek Nusaniwe Ambil Langkah Tepat Selesaikan Konflik Pemuda Farmasi dan Pemuda Lorong PMI

    Ambon, Kompastimur.com
    Kapolsek Nusaniwe IPTU Johan WM Anakotta menggelar pertemuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi kelompok pemuda farmasi dan kelompok pemuda lorong PMI.


    Pertemuan  untuk mendamaikan pertikaian yang terjadi dilaksanakan pada aula Gereja Jemaat GPM Eden, Kudamati.


    Turut hadir bersama dalam pertemuan itu, Kapolresta P. Ambon & P.P Lease Kombes Pol Raja Arthur Lumongga Simamora. S.I.K, Camat Nusaniwe, Danramil Nusaniwe, Lurah Benteng, Lurah Kudamati, Ketua Majelis Jemaat GPM Sumber kasih Farmasi, Ketua Majelis Jemaat GPM Sinar Kudamati, Ketua Majelis Jemaat GPM Nehemia Benteng, Ketua Majelis Jemaat GPM Eden Kudamati, Tomas/Topem wilayah Farmasi dan PMI, Babinkamtibmas Kelurahan Benteng dan Kudamati, Babinsa Kelurahan Benteng dan Kudamati, Serta Kelompok masyarakat lainnya kurang lebih 30 orang.


    Kapolresta pada pertemuan tersebut mengatakan bahwa perdamaian dapat dilakukan namun proses hukum tetap berjalan.


    "Selesaikan permasalahan antara orang per orang jangan menjadi permasalahan kelompok," tegasnya.


    “Maluku kaya akan hasil bumi, mesti ada kesadaran dalam diri kita sendiri, kembali instrospeksi diri untuk Maluku damai dan aman,” ungkapnya.


    Katanya, Polri hadir untuk berikan rasa aman dan damai, tetap laksanakan dan tingkatkan giat razia miras dan semua pihak harus bersinergi dan jangan acuh tahu.


    Di tempat yang sama, dalam tugas tanggung jawab sebagai Kapolsek Nusaniwe, IPTU Johan WM Anakotta menyampaikan, Pertemuan ini untuk mencari solusi bersama terkait permasalahan yang terjadi.


    "Polsek tidak pernah toleransi dengan pelaku gangguan Kamtibmas dan proses penegakan hukum berjalan sesuai aturan," tegas Anakotta.


    Camat Nusaniwe, Nel Latunny juga menyampaikan bahwa segala sesuatu yang terjadi berpulang kembali kepada masyarakat, yang tidak sadar dalan melakukan hal ini, sekalipun pihak Polsek Nusaniwe bekerja keras namun sangat dibutuhkan dukungan dan bantuan dari masyarakat.


    "Dalam menjaga Kamtibmas adalah tugas bersama, sehingga tidak ada lagi terjadinya pertikaian-pertikaian yang merugikan kita bersama," kata Latunny.


    "Apresiasi kepada Polsek Nusaniwe yang sudah bekerja keras, bahkan kerja ekstra dalam melakukan Kamtibmas di Polsek Nusaniwe terkhususnya pada daerah Kudamati dan sekitaran daerah pertikaian," ungkap Latunny.


    Di tempat yang sama, Danramil Nusaniwe mengatakan, kehadirannya di sini karena ingin adanya kata sepakat untuk mengakhiri pertikaian antara pemuda, dan saling bekerja sama untuk membuat aman wilayah Nusaniwe.


    Senada, para ketua RT juga mengajak semua pihak untuk sama sama berperan aktif untuk mengamankan Nusaniwe. Apa yang menjadi akar dari masalah ini di selesaikan dengan baik agar tidak terjadi lagi konflik-konflik berikutnya.


    Para Ketua RT yang hadir juga sepakat untuk melakukan fungsi kontrol pada masyarakat di wilayah masing-masing.


    Pertemuan di akhiri dengan kata sepakat antara lain; 

    1. Sepakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif,

    2.  Sepakat untuk tidak lagi bakalai, baku lempar antar kelompok,

    3. Sepakat untuk tidak menonjolkan ego Sektoral masing-masing yang salah

    4. Sepakat untuk berkomunikasi dan koordinasi dengan semua pihak apabila terjadi permasalahan dan proses penegakan hukum berjalan sesuai aturan yang berlaku


    Kesepakatan ini disepakati dengan harapan sama - sama menjaga dan ciptakan kondisi aman dan kondusif ( AJP).


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kapolsek Nusaniwe Ambil Langkah Tepat Selesaikan Konflik Pemuda Farmasi dan Pemuda Lorong PMI Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top