• Headline News


    Thursday, February 9, 2023

    Sapteno : Pers Berperan Sebagai Pilar Demokrasi

    Ambon, Kompastimur.com
    Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Sapteno, SH, M.Hum, mengatakan dalam memperingati Hari Pers Nasional pada tanggal 9 Februari 2023 harus ada terobosan baru dimana kehadiran Pers haruslah  menyampaikan berita yang objektif.


    "Selain itu Pers adalah pilar demokrasi maka harus mampu untuk memberdayakan masyarakat, karena melalui pemberitaan yang disampaikan  mestinya lebih mendidik," ucap Sapteno kepada wartawan, Rabu (8/2/2023).


    Kata Sapteno, Pers harus lebih mendidik, dalam setiap pemberitaan, dibandingkan dengan berita-berita yang menyudutkan pihak-pihak tertentu, karena sekali disampaikan ke publik maka akan terbentuk opini publik dan itu sangat berpengaruh kepada mereka.


    Oleh sebab itu Pers seharusnya lebih objektif dalam menyampaikan berita sesuai prinsip pemberitaan dan sesuai undang-undang Pers.


    “Saya yakin ketika pers memberitakan hal yang objektif, maka akan menjadi suatu pilar demokrasi yang akan mendidik masyarakat dari berbagai aspek, baik politik, sosial, ekonomi, budaya termasuk pertahanan dan keamanan," ungkap Sapteno.


    Ia mengajak agar seluruh insan pers di Maluku harus bersatu dan dapat memberikan masukan serta berkontribusi  dalam mendorong pembangunan di Maluku.


    "Pers harus menjadi pilar demokrasi. Ini yang penting," tegas Sapteno 


    Lanjutnya, Pers sebagai pilar demokrasi yang di maksudkan adalah pers yang mendidik dan memberdayakan masyarakat.

    "Dengan berita-berita  yang positif, masyarakat dapat terobsesi untuk melakukan hal-hal yang positif. Kolaborasi antara pers dengan pemerintah serta masyarakat pada umumnya akan melahirkan suatu dinamika pembangunan yang baik, karena salah satu tugas pers adalah membangun opini masyarakat untuk merubah manset mereka," tandas Sapteno. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sapteno : Pers Berperan Sebagai Pilar Demokrasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top