• Headline News


    Tuesday, February 7, 2023

    Riyadi : Bulan K3 Mewujudkan Maluku Bisa

    Ambon, Kompastimur.com
    Bulan K3 secara Nasional di peringati pada tanggal 12 Januari - 12 Februari 2023 yang merupakan bulan khusus bagi para pekerja  dan instansi terkait untuk menjaga keselamatan dan kesehatan dari tenaga kerja itu sendiri.


    "Pencanangan bulan K3 yang di lakukan di  kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Maluku  tepatnya di kota Ambon, pada tanggal 12 Januari lalu, maka puncaknya akan di laksanakan  pada tanggal 12 Februari  ini," kata Riyadi, kepada Wartawan di Ambon (4/2/2023).


    Dalam pelaksanaan puncak dari bulan K3 di kota Ambon, maka Direktur utama PT. Dok Dan Perkapalan Waiame Ambon, Slamet Riyadi di percayakan langsung menjadi ketua panitia pelaksanaan puncak kegiatan bulan K3 Provinsi Maluku.


    Menurut Riyadi, pada pencanangannya bulan K3 telah di himbau menyangkut peningkatan kesehatan dan keselamatan kerja (K3 ) bagi semua pekerja dan di himbau kepada masing masing instansi terkait pula.


    Setelah pencanangan bulan k3 yang berlaku selama satu bulan ini maka  ada persiapan untuk acara puncak pelaksanaan yang jatuh pada tanggal 12 februari 2023 yang akan di sertai dengan beberapa kegiatan pada acara puncak bulan K3.


    Adapun rangkaian acara dan persiapan dari PT Dok Waiame Provinsi Maluku dalam  memperingati bulan K3  adalah, pemasangan umbul - umbul yang bercorak  Bulan K 3, serta ada kegiatan berupa seminar k3, pelatihan untuk sertifikat K3 umum dan di buatkan juga kegiatan peninjauan lapangan khusus untuk lingkungan hidup, dan  peninjuan untuk pencemaran di lakukan pengujian kebisingan, pemberian sertifikasi alat operator (SIO) untuk alat berat.


    "Alat berat itu sangat berbahaya maka akan di lakukan kegiatan untuk uji alat angkat  dari alat berat itu sendiri karena  menyangkut keadaan berbahaya," papar Riyadi.


    "Kemudian akan di berikan reword, dan juga menyangkut permasalahan budidaya lokal, ada juga lomba - lomba senam sehat, dan masih banyak rangkain acara lainnya yang di siapkan oleh PT Dok  Waiame Ambon," tambahnya.


    Dalan perencanaan pelaksanaan bulan k3 akan di buka oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail.


    "Bulan k3 ini sangat penting sekali karena banyak  jenis pekerjaan dan lokasi kerja  yang rentang dengan kecelakaan itu banyak, sebagai contoh pada Dok Waiame yang juga termasuk jenis pekerjaan dengan tingkat kecelakaan cukup tinggi, karena ada  pekerjaan di ketinggian, ada pekerjaan panas yang mudah terbakar di dalam oven, ada juga jenis pekerjaan dalam ruang terbatas misalnya orang yang bekerja di dalam tangki, termasuk orang yang tidak boleh merokok di tempat terbatas maka di berikan pencerahan terhadap bulan K3," jelas Riyadi.


    Seperti yang di jelaskan untuk dok Waiame  setiap Minggu di berikan pencerahan, dan telah di canangkan SMK 3 untuk masing - masing tempat kerja yang berisiko.


    Pada area terbatas ada safety induction atau pemberitahuan pada tempat tertentu, sebagai arahan khusus pada lokasi - lokasi area kerja yang rawan kecelakaan.


    Semua yang menyangkut keselamatan kerja selalu di terapkan berupa simulasi dan selalu di minimalisir untuk mencegah resiko kecelakaan.


    "Secara bertahap akan di berikan panduan dan system operasional prosedur (SOP) dalam langkah - langkah kerja pada daerah terbatas maka teknik - teknik tugasnya yang menjadi Rana potensi kecelakaan akan di berikan early warning system (EWS) sebagai rambu - rambu keselamatan atau lampu - lampu agar dapat menjaga kewaspadaan atau kehati - hatian bagi setiap pekerja dalam bekerja," tambah Riyadi


    Lanjutnya, sangat penting bulan K3 dalam menjaga kesehatan dan kecelakaan dalam bekerja. Dikatakan sangat safety untuk itu tema yang di pakai pada bulan K3 adalah untuk memberikan warning kepada pekerja dan insan Pekerja.


    Maka secara nasional ini bulan K3 sebagai tanda saling memperingati secara terus menerus agar selesai bekerja keselamatan dan kesehatan dari pekerja itu tetap terjaga.


    "Dalam pelaksanaan kegiatan Bulan K3 ini agar semua insan pekerja dapat di ingatkan kembali untuk bekerja sesuai dengan prosedur untuk K3, sebagaimana himbauan dari ketua pelaksana bulan K3 nasional tingkat provinsi Maluku agar mereka sadar K3 di masing - masing instansi  itu penting demi mewujudkan Maluku Bisa." jelas Riyadi. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Riyadi : Bulan K3 Mewujudkan Maluku Bisa Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top