• Headline News


    Tuesday, February 28, 2023

    PDGI Indonesia Cabang Ambon Gelar Raker dan Seminar Sehari

    Ambon, Kompastimur.com - Rapat Kerja dan seminar sehari yang di laksanakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Ambon, berlangsung di Amaris Hotel hari Sabtu,(25/2/2023).


    Diketahui, PDGI Cabang Ambon akan membuka fakultas kedokteran Gigi pada Universitas Pattimura (UNPATTI) di Provinsi Maluku. Maka rapat kerja dan seminar sehari yang dilakukan bertujuan untuk  membahas semua persiapan menyambut pembukaan fakultas kedokteran gigi di Unpatti.


    Rencana di buka kedokteran gigi ini agar dapat memenuhi kebutuhan Dokter Gigi di Provinsi Maluku, karena bila di bandingkan dengan jumlah penduduk dengan tenaga dokter gigi yang ada, perbandingannya sangat jauh.


    Berdasarkan data yang ada untuk penduduk yang ber-KTP sebanyak 600 ribu jiwa belum di tambah dengan jumlah penduduk yang tidak ber- KTP. Sedangkan jumlah dokter gigi yang ada hanya 60 ribu orang, maka  secara skala 1:10.000 artinya satu dokter gigi harus melayani 10 ribu orang.


    "Dengan demikian maka upaya yang di lakukan adalah dengan membuka kedokteran gigi untuk memenuhi kekurangan dokter gigi yang ada," ungkap spesialis bedah mulut, dr.Harry Sriwijaya kepada media ini, kemarin.


    Ia juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan kegiatan operasi bibir sumbing  secara gratis di Provinsi Maluku dan kegiatan yang  sangat membantu masyarakat  ini di hadiri oleh 30 pasien setiap kegiatan. Kegiatan operasi ini di rencanakan lagi pada tanggal 3 atau 4 Maret 2023.


    " Kegiatan ini sudah menjadi program dari PDGI secara kontinyu serta banyak upaya lagi yang di lakukan untuk pemenuhan dokter gigi untuk daerah terpencil," tambahnya.


    Ia berharap, dengan terobosan yang di lakukan, semoga pemerintah Provinsi Maluku dapat melihat kesejahteraan tenaga kesehatan (Nakes).


    "Dengan begitu mereka mau mengabdikan dirinya di sini dengan sepenuh hati agar masyarakat kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara menyeluruh," tandasnya. 


    Kegiatan di akhiri  dengan penyerahan sertifikat kepada semua  peserta Raker. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PDGI Indonesia Cabang Ambon Gelar Raker dan Seminar Sehari Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top