• Headline News



    Friday, February 10, 2023

    Kasdam Pattimura Tutup Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2022

    Ambon, Kompastimur.com - Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman bertindak sebagai Inspektur Upacara secara resmi menutup pendidikan Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier TNI AD Tahap TA 2023 bertempat di lapangan Makorindam XVI/Pattimura, Maluku Tengah, Kamis (09/02/2023).


    Bersamaan dengan upacara penutupan pendidikan tersebut, Kasdam XVI/Pattimura melantik sebanyak 97 orang siswa yang telah selesai mengikuti pendidikan pertama dan resmi menyandang pangkat Sersan Dua (Serda), serta diambil sumpah menurut agama masing-masing dengan didampingi para rohaniawan.


    Dalam upacara tersebut, Kasdam XVI/Pattimura menyematkan tanda pangkat Serda dan menyerahkan ijazah kepada perwakilan prajurit Bintara. Selain itu Kasdam memberikan tanda penghargaan kepada Siswa yang berprestasi lulusan terbaik yaitu, Reza Afandy Renwarin Nosis 026, kelahiran Ternate 10 September 2001, anak dari pasangan Serka Hamis Renwarin dan ibu Ike Risdiana.


    Dalam amanat  Pangdam XVI/Pattimura yang dibacakan Kasdam, ia mengucapkan selamat kepada para prajurit yang baru saja dilantik tersebut. "Saya  mengucapkan selamat kepada para prajurit yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pertama Bintara TNI AD dan dilantik menjadi prajurit dengan pangkat sersan dua tentunya hari ini menjadi hari yang berbahagia bagi kalian, bagi orang tua serta seluruh keluarga,"


    "Hasil yang diraih hari ini tidak datang secara tiba-tiba, namun melalui proses panjang mulai dari tahap seleksi penerimaan sampai dengan pendidikan pertama selama kurang lebih lima bulan, guna ditempa kemampuan fisik, akademik maupun mental untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Darat. Meskipun pendidikan pertama ini sudah selesai, bukan berarti telah selesai pula tugas dan tanggung jawab kalian dalam melaksanakan kegiatan belajar dan berlatih, sebab setelah ini kalian akan melanjutkan pendidikan di Pusdik," kata Kasdam. 


    Lebih lanjut Kasdam menyampaikan, tanamkan pada diri kalian bahwa budaya belajar dan berlatih merupakan kebutuhan, sehingga kalian menjadi prajurit yang hebat kebanggaan satuan mu dan kebanggaan bangsa serta negara Indonesia, perlu kalian sadari bahwa menjadi Prajurit TNI AD merupakan kebanggaan karena memikul tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkari negara, namun dengan kehormatan tersebut, seorang prajurit senantiasa terikat oleh aturan hukum yang berlaku baik sebagai warga negara secara umum maupun aturan hukum bagi prajurit TNI.


    Dihadapan 97 bintara remaja, Kasdam juga mengatakan pada hari ini kalian telah resmi dilantik sebagai Prajurit TNI, maka kalian harus bertekad untuk tidak melakukan pelanggaran hukum dan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

     

    Upacara penutupan pendidikan bintara ini diiakhiri dengan foto bersama dan pemasangan foto siswa terbaik dilanjutkan dengan demonstrasi, turut hadir beberapa pejabat diantaranya Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Danrindam XVI/Pattimura, Ka SPN Polda Maluku serta PJU Kodam XVI/Pattimura. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kasdam Pattimura Tutup Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2022 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top