• Headline News


    Sunday, February 12, 2023

    Diperintahkan Kapolresta Ambon, Kapolsek Sirimau Kumpul Masyarakat Madura

    Ambon, Kompastimur.com - Kapolsek Sirimau, AKP Sally Lewerissa, menemui Ketua Paguyuban Madura untuk Kota Ambon, Husen, Minggu (12/2/2023) siang.


    Pertemuan Minggu siang tadi, sekitar Pukul 13.25 WIT berlangsung didepan pangkas Rambut Bangkalan Madura RT 002 RW 02, Jln. Pala, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. 


    Tujuan pertemuan guna membahas terkait permasalahan antara kelompok Pemuda Ambon dengan Pemuda Madura yang terjadi di Jakarta.


    Selain Kapolsek, dalam pertemuan tersebut turut hadir Bhabinkamtibmas Kelurahan Hunipopu. Sementara ketua Paguyuban Madura kota Ambon didampingi beberapa orang Madura lainya, Fandi, Rusli, Kahliq, Subhai, Sudali, Jainal, dan Holin beberapa orang lainya.


    Dalam kesempatan itu, Kapolsek Sirimau, AKP. Sally Lewerissa, menyampaikan dalam menyikapi apa yang terjadi di Jakarta, Kapolsek mengajak para perwakilan orang Madura di Ambon untuk bangun sikap toleransi. Karena kehadiran, masyarakat yang saat ini berada di Kota Ambon bukan mencari masalah melainkan hanya untuk mencari nafkah.


    "Sehingga kita dari pihak Kepolisian hanya mengharapkan agar permasalahan yang terjadi di Jakarta tidak terbawa sampai ke Kota Ambon. Untuk itu kita jangan terprovokasi dengan kejadian yang terjadi saat ini," ajak Sally.


    Bila terjadi sesuatu, Saly berharap segera melaporkan ke personil Bhabinkamtibmas dan biarkan Kepolisian yang mengambil langkah-langkah selanjutnya.


    Terkait dengan sosialisasi kepada masyarakat Madura, Sally memastikan sudah diperintahkan langsung Kapolresta Ambon, Kombes (Pol) Raja Arthur Lumongga Simamor, agar seluruh jajaran kepolisian untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat Madura yang ada di Kota Ambon.


    "Terkait dengan orang luar yang dialegnya hampir sama dengan suku madura. Kami kembalikan kepada paguyuban Madura sendiri untuk memastikan kembali masyarakatnya sehingga yang berada di luar paguyuban dapat diketahui," kata Sally.


    Sementara, Ketua Paguyuban Suku Madura untuk Kota Ambon, Husen menyampaikan masyarakat Madura yang berada dibeberapa kawasan dalam kota Ambon tidak mendapatkan sosialisasi seperti ini.


    Sehingga tidak menutup kemungkinan, kata Husen, mereka akan terbawa emosi atau terpancing dengan situasi saat ini.


    "Untuk itu kami juga meminta kepada pihak kepolisian agar hal seperti ini yang dilakukan dapat dilakukan bagi masyarakat Madura yang ada di kota Ambon," kata Husen.


    Sehingga, lanjut Husen, dapat mencegah hal-hal yang tidak dinginkan oleh semua pihak.


    " Kami juga akan menyampaikan hal yang saat ini disampaikan oleh Pihak Kepolisian kepada masyarakat kami yang tidak sempat hadir untuk menyikapi hal tersebut," akui Husen, lagi.


    Salah satu masyarakat Madura juga menyampaikan terkait dengan masyarkat Madura yang berada di Kota Ambon tidak pernah mencari masalah dengan siapapun.


    "Karena kami hanya bertujuan untuk mencari makan," kata Jainal.


    Sembari mewanti - wanti saat ini banyak masyarakat yang berasal dari daerah Pasuruan, dan lain-lain yang dialeg bahasanya hampir sama dengan dialeg madura. 


    "Sering mencari masalah dan membawa nama suku Madura. Sehingga yang ditakutkan kami orang asli Madura tidak tahu menahu tentang masalah tersebut akan kena imbas," kata Jainal. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diperintahkan Kapolresta Ambon, Kapolsek Sirimau Kumpul Masyarakat Madura Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top