• Headline News



    Monday, February 20, 2023

    Berprestasi Lagi, Desa Poka Terpilih Sebagai Desa Perikanan Cerdas

    Ambon, Kompastimur.com - Desa poka yang di pimpin oleh seorang wanita hebat, Marthina Ivon Kelbulan kembali memperoleh prestasi di bidang Perikanan.


    Kelbulan kini dipandang menjadi tokoh desa, karena berprestasi dan menginspirasi masyarakat menuju desa Poka mandiri dan dikenal sebagai desa yang maju.


    Selain itu juga Desa Poka di pilih sebagi desa Pengembangan Smart Fisheries Villag untuk lima program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).


    Untuk mengitkan akan prestasi tersebut, maka  di laksanakan Acara peletakan batu pertama pembangunan gapura pada hari Jumat (17/2)2023).


    Turut serta dalam acara peletakan batu pertama yakni Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Febby Maail; Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Kota Ambon , Abubakar, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kota Ambon, Kepala Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ambon, yang disaksikan oleh seluruh peserta FGD.


    Dalam kegiatan tersebut, kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Kota Ambon, Abubakar.s.st,Pi.,M.si mengatakan Balai pelatihan dan penyuluhan perikanan Ambon yang merupakan unit pelaksanaan teknis dari kementerian kelautan dan perikanan di bawah badan riset dan sumber daya manusia KKP mencanangkan Desa Poka sebagai kampung perikanan cerdas dalam rangka mendukung lima program KKP dengan pemerintahan kota Ambon .


    Program KKP ada 5 yang di turunkan salah satunya yaitu kegiatan lapangan yang smart Fisheries Villag  


    "Jadi program untuk menjadi sinergitas dari hulu ke hilir dengan harapan ada pertumbuhan ekonomi dalam berbagai sektor dan butuh dukungan dari setiap pihak," kata Abubakar.


    Di tempat yang sama, Kadis Perikanan kota Ambon, Febby Maail, mengatakan pihaknya turut mendorong integrasi program penguatan bagi Desa Poka dan dapat bersinergi untuk penguatan ekonomi desa yang di katakan BUMDES bergerak dalam usaha demi kesejahteraan bersama, bukan lagi orang per orang itulah yang di dorong agar secara lembaga desa kuat dan desa Maju karna BUMDES kuat.


    "Sebagai contoh untuk desa yang lain,  di canangkan sebagai kampung perikanan cerdas dari KKP," ungkap Maail.


    Selanjutnya Kepala Desa Poka, Marthina Ivon Kelbulan menuturkan bahwa, sebagai Pemerintah Desa Poka dan masyarakat turut menyambut baik terkait dengan  pengembangan proses Smart Fisherien Vilage yang melibatkan unsur terkait sampai dinas terkait di kota maupun Provinsi serta akademisi yang sudah di rencanakan beberapa bulan lalu dan kini baru di mulai.

     

    "Selanjutnya pemerintah memulai dengan penataan infrastruktur maka kita sama sama melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama, pembuatan pembangunan gapura yang merupakan pintu masuk pada kawasan Smart Fisheries Villag," ucapnya 


    Katanya, hal tersebut harus di perhatikan karena kawasan ini menjadi percontohan pusat study bagi siapa saja yang datang berkunjung di kawasan ini, dan nantinya pengembangan bukan saja pada sektor perikanan tetapi sektor yang lain seperti pariwisata dan ekonomi kreatif.


    Desa Poka juga menyambut baik setiap kegiatan yang ada di desa karena desa poka saat ini merupakan rool mode untuk  pengembangan study selain berada pada lingkar University Pattimura juga terpilih  sebagai kampung perikanan cerdas. Untuk itu kami ucapkan terima kasih untuk dukungan semua pihak," tutup Kelbulan. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Berprestasi Lagi, Desa Poka Terpilih Sebagai Desa Perikanan Cerdas Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top