• Headline News



    Thursday, January 19, 2023

    SMK Di Kota Ambon Akan Gelar Karya Industri Siswa Untuk Kedua Kalinya

    Ambon, Kompastimur.com - Pada hari Jumat, tanggal 20 Januari 2023 nanti, sejumlah hasil karya dari Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan  dipamerkan lagi dalam ajang Gelar Jumat  Karya untuk kedua kalinya di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.


    "Ini merupakan salah satu upaya dan harapan serta mimpi besar dari kami," kata  Kepala Bidang pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Anisah.SE, M.Pd, kepada media Kompastimur.com di ruang kerjanya, Rabu (18/1/2023).


    Mimpi besar dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dr. Ir. Insun Sangadji. M.Si dan Kepala Bidang pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Anisah.SE.M.Pd, yakni untuk perlihatkan  kepada masyarakat luas di Maluku agar karya siswa SMK supaya masyarakat lebih mengenal tentang SMK itu sendiri.


    "Minggu kemarin hanya melibatkan 12 SMK untuk ikut dalam kegiatan tersebut, tetapi untuk hari Jumat besok keterlibatan seluruh SMK yang ada di Kota Ambon Provinsi Maluku." kata Anisah.


    Dalam Gelar Jumat Karya ini, mengundang murid pada tingkat SMP dan orang tua serta masyarakat untuk berkunjung, agar anak anak pada tingkat SMP dapat melihat secara langsung bahwa di sekolah kejuruan ada  kompetensi - kompetensi kejuruan khusus yang mengajarkan berbagai hal mengenai dunia industri.


    "Sebagai contoh, akan mereka lihat untuk otomotif ada di SMK 4 dan SMK 3, untuk Kuliner ada di SMK 5, untuk Pertanian ada di SPP Passo, dan untuk Kriya kriya kayu atau tenunan ada di SMK 7, semuanya di perlihatkan agar di ketahui oleh banyak orang karena mengenai SMK belum terlalu dikenal oleh sebagian orang." Papa Anisah.


    Ia mengatakan bahwa kemajuan pendidikan vokasi dalam berinovasi dan kreatif, juga menciptakan lulusan pelajar SMK yang kompetitif yang siap bekerja, seperti halnya mampu menjadi pelaku wirausaha yang mandiri dan kedepannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan menjaring tenaga kerja di sekitarnya sekaligus menjadi seseorang yang bermanfaat di sekelilingnya.


    "Gelar Karya ini bertujuan dengan adanya pantauan secara langsung dapat menumbuhkan daya dorong orang tua terhadap anak yang memilih masuk pada sekolah kejuruan, dapat mengetahui bahwa mereka bukan hanya belajar di sekolah tetapi mereka juga belajar pada dunia industri, yang menjadi motivasi unggul untuk mereka maju ke depan," kata Anisah.


    "Dengan adanya Gelar Jumat Karya ini dapat mengubah mindset masyarakat yang tadinya di katakan bahwa Sekolah SMK penyumbang pengangguran dapat menjadi Bukti nyata sekolah SMK sebagai Penyumbang inovasi tinggi dan kreatif yang bisa menampilkan dan melakukan serta membuat hal hal baik untuk kemajuan Negeri ini," tutup Anisah. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SMK Di Kota Ambon Akan Gelar Karya Industri Siswa Untuk Kedua Kalinya Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top