• Headline News



    Tuesday, January 10, 2023

    Rumkital -IX FX Sudiharjo Siap Bayar Insentif Covid 110 Nakes

    Ambon, Kompastimur.com - Sebagai Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr.Faradila Atamimy bersama dr.Eka Purwanto Dirut Rumkit AL, di dampingi Pa Budi dan Pa Hadi, serta Penanggung jawab dr. Mega selaku Dirut RS Alternatif Covid-19 LPMP dan dr. Sherly, Penanggung jawab RS Alternatif Covid-19 LP3 Perikanan, juga perwakilan dari Nakes LPMP atas nama Ain Nanulaita, dan Indra Perwakilan dari Nakes LP3, bersama wartawan melakukan konferensi pers bersama di grand Avira Hotel, pada hari Senin (9/1/2023) Ambon.


    Konferensi pers tersebut dalam rangka, penanganan pembagian jasa tenaga kesehatan terkait insentif Covid-19 Rumah Sakit Alternatif LPMP dan LP3 yang tertunda pembayarannya sejak tahun 2020 hingga saat ini memasuki tahun 2023.


    Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital ) - IX Ambon, sebagai Rumkit pengampuh yang bertanggung jawab atas pembayaran Nakes LPMP dan LP3 sebanyak 110 orang, maka  Direktur Rumah Sakit FX Suhardjo, dr Eka Purwanto berjanji bahwa pihaknya akan membayarkan jasa Nakes dari dana operasional Rumkital-IX Ambon.


    Menurut dr. Eka Purwanto, pembayaran tahun kemarin tidak terealisasi di sebabkan karena pada tanggal  28 Desember 2021 Rumah Sakit FX Suhardjo menerima transferan dana dari Menteri Kesehatan sebesar Rp 5,4 miliar. Dengan perincian Rp 3,2 miliar itu rumah sakit LPMP dan LP3. Sementara Rp 2,2 miliar milik Rumah Sakit FX Suhardjo.


    "Tetapi dana yang di luncurkan tidak bisa lintas tahun, sedangkan dana yang masuk tersebut sudah hampir pergantian tahun, maka dana sebesar 5,4 M tidak bisa terserap, termasuk dana Nakes LPMP dan LP3," kata Purwanto.


    Oleh karena itu, telah di putuskan dan di sepakati bersama antara pihak Nakes Rumkit Alternatif Covid-19 LPMP dan Nakes Rumkit Alternatif Covid-19 LP3, bahwa besar pembayaran yang telah di sepakati untuk Rumah Sakit Darurat Covid -19 berjumlah 1,298 Miliar.


    "Untuk mekanisme pembayarannya tidak secara langsung, harus melalui beberapa proses Revisi DIPA, dan di bayarkan setelah  selesai Revisi DIPA." tegas Purwanto.


    Lebih dijelaskan oleh dr. Mega selaku Dirut RS Alternatif Covid-19 LPMP dan dr. Sherly, penanggung jawab RS Alternatif Covid-19 LP3 Perikanan, bahwa pada hari Jumat tanggal 6 Januari 2023 sudah ada kata sepakat dengan surat pernyataan yang di tanda tangani oleh Nakes, bahwa mereka bersedia menerima pembayaran yang di berikan oleh Rumkital-IX Ambon sebesar 1.298 miliar sesuai dengan kemampuan dari Rumkital-IX.


    Atamimy berharap ada dukungan dari pihak Pemda dalam proses revisi ini, agar dapat berjalan dengan lancar supaya pembayaran dapat dilaksanakan secepatnya.


    Ia pun meminta perhatian dan pengertian semua pihak dengan satu kalimat pepatah," tidak akan ada hari ini kalau tidak ada hari kemarin dan tidak akan ada buah hari ini kalau tidak ada perjuangan".


    "Akhirnya di sampaikan kepada masyarakat Maluku secara keseluruhan, bahwa persoalan ini telah selesai, sambil menunggu waktu pembayaran, dan terima kasih untuk atensi bersama dari semua pihak," tutup Atamimy. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rumkital -IX FX Sudiharjo Siap Bayar Insentif Covid 110 Nakes Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top