• Headline News



    Thursday, December 15, 2022

    Syahrir Rumluan : Pengetahuan Para Pendamping Desa Harus Tetap Dijaga

    Ambon, Kompastimur.com
    Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping  melalui program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) resmi di laksanakan di kota Ambon, Rabu (14/12/2022).


    Pelaksanaan kegiatan Kementrian desa, Pembangunan Desa tertinggal dan Transmigrasi, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Masyarakat Desa Tertinggal ini untuk Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional P3PD tahun Anggaran 2022.


    Kegiatan dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 10 - 14 Desember 2022. Ada 4 kabupaten yang di prioritaskan, dan mereka terbagi dalam XII kelas pelatihan.


    4 kabupaten itu adalah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Aru dan Kabupaten Seram Bagian Timur dengan jumlah peserta peningkatan kapasitas tahun ini sebanyak 242 orang, dan fasilitator sebanyak 27 orang yang terdiri dari 24 orang sebagai tenaga profesional dan tenaga Ahli, serta 3 orang dari unsur Pegiat Sosial Masyarakat (PSM).


    Acara di buka secara langsung oleh, Ketua Panitia Pendamping Desa, bidang pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Provinsi Maluku, Husni Nutte.


    Kordinator Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Maluku, Syahrir Rumluan kepada media ini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan penyegaran agar terjaga pengetahuan tentang regulasi regulasi yang berkaitan dengan percepatan pembangunan desa.


    "Maka perlu penguasaan materi yang sangat penting menyangkut tata kelola keuangan desa, dan kelembagaan desa," kata Rumluan.


    Di lanjutkan bahwa pentingnya mengulas kembali atau mengasah ulang pengetahuan para pendamping desa dalam kegiatan ini merupakan penyegaran bagi pengetahuan mereka, karena pendamping desa merupakan harapan masyarakat yang tertuju pada pengetahuan yang harus di bekali.


    "Pendamping desa sangat berperan penting dalam konsolidasi gerak langkah untuk mengawal program dan kebijakan Kemendes di daerah dan desa." tutur Rumluan.


    Rumluan berharap, selesai kegiatan pelatihan ini, peserta kembali ke tepat tugas dapat mengimplementasikan apa yang sudah di terima selama pelatihan.


    "Sebab materi yang di berikan bukan hal baru bagi para pendaping desa, tetapi suatu pengetahuan yang di ulang kembali agar dapat di terapkan dalam masyarakat dengan baik," tandasnya.


    Kegiatan di akhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan pembagian sertifikat. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Syahrir Rumluan : Pengetahuan Para Pendamping Desa Harus Tetap Dijaga Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top