• Headline News



    Thursday, December 1, 2022

    Kegiatan Pelatihan SISKEUDES Kabupaten Buru Tahun 2022 Ditutup

    Ambon, Kompastimur.com
    Pelatihan Penyusunan laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Tahun 2022 di Grand Avira Hotel pada pukul 06.00 WIT resmi ditutup, Kamis (1/11/2022).


    Ida Ely sebagai ketua panitia pelaksanaan kegiatan pelatihan SISKEUDES merasa bangga dan bersyukur atas perolehan ilmu dan ketrampilan yang bermanfaat bagi seluruh peserta kaur desa kabupaten buru selama dalam pelatihan. 


    Kepada wartawan saat di wawancarai pada acara penutupan pelatihan SISKEUDES, IDA menuturkan bahwa pelatihan yang di laksanakan selama dua hari ini, kedepan dalam pembuatan laporan sudah bisa di lakukan secara online tidak lagi offline.


    "Lewat pelatihan aplikasi SISKEUDES ini banyak hal penting yang di peroleh yaitu laporan Keuangan Lebih Transparan, Data Laporan keuangan desa  Lebih Aman,dan membantu untuk  lebih fleksibel dalam penggunaannya serta inventaris desa lebih terkontrol." tutur Ida.


    Di katakan juga bahwa, SISKEUDES dalam penerapannya tiap tahun ada perubahan, seperti yang kemarin belum ada Stunting sekarang sudah ada.


    "Untuk tahun 2022 Aplikasi SISKEUDES itu Versi 2.0.4 sementara untuk tahun 2023 nanti sudah menjadi Versi 2.0.5 yang mana ada penambahan beberapa fitur dalam program kegiatan seperti Stunting, ketahanan pangan, dll lewat pelatihan ini juga peserta di ajarkan bagaimana cara penginputan dalam Aplikasi tersebut," ungkapnya.


    Untuk Aplikasi Siskeudes Versi 2.0.5 lewat kementerian dalam Negeri dan sudah di kirimkan ke kabupaten kota di awal tahun 2023 nanti.  Dari DPMD akan membagikan aplikasi tersebut ke semua desa-desa yang ada di kabupaten Buru.


    "Maka pelatihan ini mengajarkan bagaiman mengaplikasikan data base yang ada sebab tahun 2022 itu dengan 2.0.4, sementara untuk tahun 2023 dengan 2.0.5 dan yang mengikuti pelatihan ini pada saat terima aplikasi dari masing masing desa sudah terkonek." tambah Ida.


    "Pelatihan sudah selesai, dengan segala baik, tidak ada kendala apapun yang di alami selama kegiatan berlangsung, baik itu peserta maupun jaringan semuanya aman tidak ada masalah." Sambung Ida.


    Dengan berakhirnya pelatihan ini Ida berharap semoga apa yang diperoleh dapat menjadi pemicu semangat bagi peserta dalam penyusunan laporan nanti.


    "Harapan Kami Kedepannya para Kaur Keuangan bisa mengoperasikan Aplikasi SISKEUDES ini dengan baik sehingga laporan keuangan dari masing-masing desa itu tertata dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan aturan yang ada. Karena dalam Siklus Pengelolaan Keuangan itu ada 5 tahapan yakni : Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, pelaporan dan Pertanggung jawaban dan lewat Pelatihan ini Peserta di ajarkan Bagaimana cara  penginputan tahapan - tahapan tersebut. Semoga kita semua dalam tugas di desa masing - masing dalam penyusunan laporan kedepan bisa lebih baik dan tepat waktu." tutup Idam. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kegiatan Pelatihan SISKEUDES Kabupaten Buru Tahun 2022 Ditutup Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top