• Headline News



    Tuesday, December 6, 2022

    Gubernur MI Perintahkan Kominfo Promal Bangun JIPD

    Ambon, Kompastimur.com
    Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali Ie, dengan resmi melaunching Jaringan Intra Pemerintah Daerah (JIPD) Provinsi Maluku Tahun 2022 yang berpusat di lantai 7 kantor Gubernur Maluku, Selasa, 6 Desember 2022. 


    Kegiatan JIPD dibawah sorotan tema Kita Sukseskan Transformasi satu data Indonesia Maluku atau lebih dikenal dengan GITA Ina-Ama.


    Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Provinsi Maluku Hadi Basalamah, Kepala BPS Provinsi Maluku, Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku beserta tamu undangan lainnya. 


    Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Penjabat Sekda Maluku, Ir Sadali Ie menyampaikan apresiasinya kepada PT. TRG Investama yang telah berkolaborasi Bersama Pemerintah Provinsi Maluku lewat Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku untuk dalam membangun Jaringan Intra Pemerintah Daerah. 


    Gubernur juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah pusat maupun daerah telah dihadapkan pada tantangan pembangunan pada teknologi digital dan transformasi digital.


    Gubernur dalam hal ini menyampaikan beberapa hal penting yaitu Pemerintah daerah provinsi maluku dalam rangka keterbukaan informasi publik tengah melakukan transformasi digital dibidang komunikasi dan informatika yakni dengan membangun Jaringan Intra Pemerintah Daerah (JIPD),Dengan terbangunnya jaringan intra pemerintah daerah ini setidaknya ada 2 manfaat yang didapat yaitu dari pemerintah daerah dapat menyajikan data dan informasi program kegiatan pembangunan daerah maluku dalam aplikasi berbasis web dengan nama digitalisasi satu data Indonesia maluku atau GITA Ina- Ama, dari sisi masyarakat dapat dengan mudah mengakses data dan informasi program kegiatan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik.


    Selain membangun Jaringan Intra Pemerintah Daerah (JIPD) Pemerintah Daerah Provinsi Maluku juga berusaha memperluas pembangunan jaringan internet melalui Kerjasama dengan kementrian kominfo ri yakni dari tahun 2015 hingga tahun 2022 telah terbangun Menara bts di provinsi maluku sebanyak 943 bts,  pembangunan satelis palapa ring terintegrasi tahun 2022 akan melewati maluku di kabupaten MBD. 


    Gubernur berharap melalui pembangunan jaringan komunikasi dan informatika yang semakin luas di provinsi maluku masyarakat dapat memiliki akses yang luas, cepat dan praktis terhadap berbagai data dan infromasi serta mudah dalam melakukan aktivitas terutama dalam berurusan.

     

    Sementara itu, Ketua TGPP Provinsi Maluku,Hadi Basalamah dalam sambutan singkatnya mengharapkan agar di tahun 2023 ini untuk dapat melakukan lompatan yang lebih baik lagi di dalam mengelola tata Kelola pemerintahan yang berbasis pada elektronik. 


    Instruksi Bapak Gubernur agar seluruh OPD sudah harus menerapkan Smart office atau kantor pintar di tahun 2023 dan sebagai leading sektor adalah Dinas Kominfo yang tentunya akan memberi dampak positif terhadap efisiensi biaya, memudahkan kolaborasi serta meningkatkan produktifitas pegawai.  


    Menurut Basalah, hal ini juga sesuai dengan instruksi gubernur maluku sehingga  semakin mempermudah seluruh kinerja serta  mempercepat proses administrasi pemerintahan. 


    Di tempat yang sama selaku perwakilan PT . TRG Investama,   Yanuario Legoh menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada pemerintah provinsi maluku karena telah mempercayakan PT . TRG Investama dapat berpartisipasi dalam pembangunan JIPD di Provinsi Maluku.


    “ Dengan terbangunnya Jaringan Infra Pemerintah Daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku  untuk dapat mensukseskan transformasi satu data Indonesia Maluku yang memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Maluku”, tutupnya. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur MI Perintahkan Kominfo Promal Bangun JIPD Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top