• Headline News


    Wednesday, November 23, 2022

    Wakasad Resmikan Kodim 1513/SBB dan Kodim 1514/Morotai

    Ambon, Kompastimur.com
    Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Letnan Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si mewakili Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman melaksanakan peresmian satuan baru, pembekuan dan alih kodal satuan di jajaran TNI Angkatan Darat, termasuk di wilayah Kodam XVI/Pattimura yaitu meresmikan Kodim 1513/Seram Bagian Barat, dibawah Korem 151/Binaiya dan Kodim 1514/Morotai dibawah Korem 152/Baabullah secara video confrence, bertempat di Mabesad pada Selasa (22/11/2022).


    Terbentuknya dua Kodim tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan kerja bersama Kodam XVI/Pattimura, Pemerintah dan masyarakat khususnya, sehingga dari mulai tahap perencanaan hingga pembangunan terselenggara dengan baik, bahkan diresmikan lebih cepat dari rencana awal.


    Kasad dalam amanat yang dibacakan oleh Wakasad mengatakan, penataan dan pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI Angkatan Darat dalam memenuhi pembangunan Kekuatan Pokok Minimum atau Minimum Essential Force (MEF) yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai dengan kebijakan strategis TNI AD 2010-2029. Penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI AD. 

    Lanjut dikatakan Kasad, Acara ini merupakan bagian dari upaya penataan organisasi TNI Angkatan Darat agar semakin adaptif, efektif, dan efisien, sehingga diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih andal dan profesional.


    Tidak lupa Kasad mengucapkan selamat atas penataan dan peresmian satuan-satuan baru dan satuan yang Alih Kodal di jajaran TNI Angkatan Darat.


    Usai mengikuti acara peresmian ditingkat Pusat, Pangdam XVI/Pattimura langsung melantik pejabat Dandim baru di dua Kodim yang telah diresmikan yang ditandai dengan penyerahan tanda jabatan, tongkat komando dan penandatanganan berita acara. Dandim 1513/SBB diemban oleh Letkol. Inf. Rudolf G. Paulus, jabatan sebelumnya Danyonif 734/SNS dan Dandim 1514/ Morotai diemban oleh Letkol Inf Harianto Hendrik yang sebelumnya menjabat sebagai Danyonif 732/RK.


    Acara dilanjutkan dengan perkenalan singkat dua Dandim yang menjabat sebagai ajang silaturahmi. Intinya kedua Dandim berharap dukungan dari segala pihak dalam menjalankan tugasnya nanti. Ucapan terima kasih atas amanah yang diberikan juga disampaikan keduanya.


    Masih dalam kesempatan yang sama, Pangdam dalam sambutannya menyampaikan apresiasi, terima kasih yang tulus kepada Pemerintah Provinsi Maluku dan Maluku Utara khususnya Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Morotai serta masyarakat yang telah ikut berpartisipasi sehingga proses pembangunan Kodim 1513/SBB dan Kodim 1514/Morotai dapat terselesaikan dengan baik sampai dengan peresmian hari ini.


    Pangdam juga merasa bangga karena kedua Dandim yang dilantik merupakan putra Daerah Maluku dan ini tentunya menjadi motivasi untuk putra-putra daerah lainnya. Pangdam berpesan untuk terus menjalin komunikasi dengan Pemerintah dan Forkopimda yang ada karena “Satu Musuh Itu terlalu Banyak, Seribu Kawan Terasa Kurang”, tegasnya.


    Terakhir Pangdam berpesan kepada kedua Dandim, sebagai perwira jangan lupakan lakukan pengawasan dan pengendalian terhadap satuannya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakasad Resmikan Kodim 1513/SBB dan Kodim 1514/Morotai Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top