• Headline News


    Thursday, November 24, 2022

    Upaya Menjaga Ketahanan Pangan di Kota Ambon, Itjen Turun Lapangan

    Ambon, Kompastimur.com
    Dalam upaya menjaga ketahanan pangan dan mengantisipasi krisis pengan, Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Jan S. Maringka melakukan kunjungan kepada Kelompok Tani Penerima Bantuan dari Kementerian di Kota Ambon, Kamis (24/11/2022). 


    Kunjungan int merupakan salah satu bagian dalam rangkaian kegiatan Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan di Provinsi Maluku. 


    "Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi pemanfaatan bantuan dari Kementan berupa benih dan alat pengolah pasca panen," ucap Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Dr. Jan S. Maringka di sela - sela kunjungannya.


    Dikesempatan yang sama, Irjen Kementan juga melakukan penyerahan bantuan ke Kelompok Tani Mujur, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. 


    Bantuan berupa Sarana Pengolahan Sagu yang diberikan, diharapkan dapat mengembangkan Kemandirian Pangan di wilayah Kabupaten Maluku Tengah khususnya di Desa Tulehu. 


    Selain itu bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat berupa pengembangan pangan lokal sebagai salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan. 


    "Bahan pangan yang dihasilkan selain dapat dikonsumsi juga dapat dijual untuk menghasilkan keuntungan komersial," ujarnya.


    Ia menuturkan, ketahanan pangan merupakan faktor penting dalam mencapai Nawacita Presiden yaitu “Struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing".


    Ketahanan pangan dapat terwujud apabila masyarakat mandiri secara pangan, mampu memenuhi kebutuhan pangan baik lewat produksi maupun melalui akses yang mudah ke bahan pangan. 

    Oleh karena itu, Kementerian Pertanian didampingi Inspektorat Jenderal selalu berkomitmen dalam membantu meningkatkan kapasitas produksi pangan masyarakat lewat pelaksanaan program-program strategis pertanian. 


    "Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya di bidang pengawasan, antara lain melakukan pengawalan, pendampingan dan monev terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Eselon I Kementan di daerah," ulasnya.


    "Pengawalan, pendampingan dan Monev tersebut bertujuan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan Kementan dan dalam upaya untuk menjaga ketahanan pangan di daerah," tutupnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Upaya Menjaga Ketahanan Pangan di Kota Ambon, Itjen Turun Lapangan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top