• Headline News


    Thursday, November 17, 2022

    POPMAL Ke-IV Di Kota Ambon Resmi Dibuka

    Ambon, Kompas Timur.com - Perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (POPMAL) IV resmi dibuka Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (17/11/2022). 

    POPMAL IV akan digelar di Kota Ambon 17 sampai 27 November dan sebanyak 17 cabang olahraga akan dipertandingkan, diantaranya atletik, basket, tinju, panahan, tenis meja, karate, sepeda, futsal, catur, panjat tebing, kempo, wushu, sport, volley dan taekwondo.


    Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman bersama Gubernur Murad Ismail selaku Ketua KONI Provinsi Maluku dan Forkopimda Maluku.


    Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, Gubernur menyampaikan “selamat datang” kepada Ketua Umum KONI pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman beserta rombongan di provinsi Maluku.


    Mantan Dankor Brimob Polri ini pun menyampaikan beberapa pesan penting, Pertama, kepada para wasit, juri, dan penyelenggara pertandingan, gubernur berpesan, tegakan keadilan dan kejujuran, serta berikan penilaian secara objektif.


    Kedua, kepada para atlit, gubernur menyampaikan selamat bertanding, tunjukan sportifitas dan profesionalisme dalam bertanding.


    Ketiga, bagi suporter dan pendukung, tunjukan sikap kebersamaan, hindari perselisihan dan perkelahian.


    Keempat, kepada para bupati dan walikota, untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga, di daerahnya masing-masing, sebagai wujud keberlanjutan pengembangan olahraga di Maluku.


    Kelima, kepada penyelenggara, untuk dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, untuk mencapai sukses dalam pelaksanaan, sukses prestasi, dan sukses administrasi. 


    Sementara itu, Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan, Maluku daerah yang luar biasa muncul Kembali di ajang olahraga, diharapkan kedepan melahirkan atlet Maluku yang menjadi kebanggaan Indonesia.


    “Saya berharap muncul Kembali atlet legenda Maluku seperti petinju legendaris dari Maluku. Olehnya itu, sengaja saya hadirkan Chris John ke Maluku sebagai motivasi bagi atlit tinju Maluku, dan akan muncul Kembali kebanggan Indonesia. Maluku harus Berjaya di olahraga baik olahraga layer dayung dan lainnya di tingkat nasional pada masa akan dating,” harap Norman.


    Pemerintah Indonesia, kata Norman, melaksanakan PON adalah sasaran utama untuk ajang SEA Games sehingga diharapkan atlet-atlet yang kemudian menjadi atlet nasional dapat lahir dari atelt-atlet daerah. Saya berharap di PON Sumatera Utara nanti Maluku akan lebih baik daripada saat di Papua,”  kata Norman.


    Oleh karena itu, Norman mengajak untuk Bersama menjunjung tinggi sportivitas yang tinggi, kemudian para hakim juri sebagaimana harapan Gubernur tadi melakukan yang seadil-adilnya sehingga para atlet mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.


    “Bicara olahraga itu kita bicara Merah Putih. Olahraga itu pemersatu bangsa. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan melalui event-event olahraga,” tandas Norman. 


    Pembukaan POPMAL ke-IV diwarnai berbagai atraksi seperti marching band dan parade defile kontingen masing-masing kabupaten/kota juga diikuti dengan antusias oleh seluruh atlet. Obor sebagai tanda dimulainya POPMAL dinyalakan Vera Melisa Hetaria, atlit asal Kota Ambon dan Moh. Yamin Rahayaan, atlit kejuaraan Kempo asal Kabupaten Seram Bagian Barat. 


    Pembukaan POPMAL ke-IV dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopimda) Provinsi Maluku, para bupati/walikota serta Forkopimda kabaupaten/kota se-Maluku. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: POPMAL Ke-IV Di Kota Ambon Resmi Dibuka Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top