• Headline News


    Saturday, November 12, 2022

    Peringati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-77, PGRI Kabupaten Bursel Gelar Berbagai Lomba

    Namrole, Kompastimur.com
    Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022, PGRI Kabupaten Bursel menggelar berbagai lomba. 


    Pembukaan lomba yang berpusat di SMP 1 Namrole ini di buka oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas), Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel, Ahmad Wael, Kamis (11/11/2022) kemarin.


    "Pembukaan lomba di buka oleh kepala Bidang Dikdas, Dinas Pendidikan Bursel, Pak Akmad Wael pada Jumat kemarin," ucap Ketua Panitia Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 77 Kabupaten Bursel, Amadin Lausepa saat ditemui wartawan, Sabtu (12/11/2022) di Namrole.


    Menurut Lausepa, dalam sambutan Kepala Dinas yang dibacakan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Bursel, disampaikan bahwa sesuai tema pada peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022 yakni 'Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat-Indonesia Maj', maka dinas Pendidikan mengajak semua guru supaya dalam proses mendidik siswa di sekolah harus menerapkan asas disiplin.

    Sebab menjadi seorang guru atau pendidik harus mempunyai perilaku baik sehingga dapat dicontohi oleh para peserta didiknya. 


    "Guru adalah seorang panutan bagi siswanya baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah, karena ada istilah 'guru kencing berdiri murid kencing berlari', itu mempunyai arti bahwa seorang guru itu dipercaya oleh muridnya dan diikuti setiap tindak tanduknya. Berarti apapun yang dikatakan oleh seorang guru pasti akan dipercaya oleh muridnya, dan apapun yang lakukan oleh guru dalam mendidik pasti akan diikuti juga oleh muridnya," ucap Lausepa menirukan apa yang disampaikan Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Bursel.


    Selaku ketua panitia, Lausepa menjelaskan peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini telah diadakan sejumlah kegiatan lomba dan kegiatan lomba tersebut telah berlangsung sejak 11 November 2022 kemarin.


    "Sejumlah lomba sudah kami gelar dari tanggal 11 dan acara puncak perayaan tanggal 25 November 2022. Ada lomba Voli Putri dan Lomba bernyanyi Duet. Kami juga menggelar Go Green So Clean dan jalan sehat," terang Lausepa.

    Ia menegaskan, kegiatan - kegiatan tersebut wajib diikuti oleh semua guru dari jenjang PAUD hingga SMA yang ada di Kecamatan Namrole.


    "Kegiatan lomba Voli Putri dan nyanyi duet dipusatkan di SMP Negeri 1 Namrole. Untuk Kegiatan Go Green di satuan pendidikan masing - masing, kalau So Clean kita lakukan pembersihan pantai dari desa Elfule sampai pantai Desa Wali, lanjut ke Wamsoba dan berakhir di pantai Oki Lama," ungkapnya.


    "Sementara untuk jalan sehat kami rencanakan berlangsung pada Selasa, 22 November 2022 dengan rute depan kantor dinas pendidikan menuju Desa Labuang, belok ke kantor BRI lanjut ke pasar Kai Wait dan finis di alun-alun kota Namrole. Setiap guru wajib ikut dan membawa 10 siswanya," sambungnya.


    Lausepa yang juga Wakil Sekertaris PGRI Kabupaten Bursel mengungkapkan, acara puncak perayaan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional akan berlangsung pada tanggal 25 November di halaman depan kantor Bupati Bursel.


    "Acara puncak akan digelar upacara di halaman depan kantor Bupati tanggal 25 November. Kami sebagai panitia berharap setiap guru di setiap jenjang bisa hadir dalam acara puncak tersebut" tandasnya.


    Terpisah, Ketua PGRI Kabupaten Bursel, Maxigen Lesnussa saat dihubungi menyampaikan kegiatan yang digelar selain memperingati HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022, sejumlah agenda yang diselenggarakan merupakan bagian dari cara PGRI memupuk kebersamaan antara guru dengan guru maupun guru dengan murid.


    "Kami ingin meningkatkan eksistensi PGRI, menjadikan PGRI sebagai organisasi profesi, serta membangun solidaritas dan kesetiakawanan sesama pendidik. Bukan hanya antar guru saja tetapi juga guru dengan murid," ujar Lesnussa.

    Lesnussa menghimbau kepada seluruh pengurus dan anggota PGRI serta semua guru dalam setiap jenjang dapat mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan oleh PGRI Kabupaten Bursel menjelang HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2022.


    "Kegiatan ini kami desain sebagai wadah refreshing, dan menghilangkan titik jenuh dengan harapan kegiatan ini dapat membangkitkan kembali semangat para guru untuk kembali berkreatif dalam proses belajar mengajar. Kami berharap ada dukungan penuh dari semua pihak hingga acara puncak nanti," tutupnya. (KT/02)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-77, PGRI Kabupaten Bursel Gelar Berbagai Lomba Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top