• Headline News


    Saturday, November 19, 2022

    PCNU Kabupaten Sijunjung Periode 2022-2027 Resmi Dilantik dan Gelar PDPKPNU


    Sijunjung, Kompastimur.com 

    Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melantik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sijunjung periode 2022 - 2027. 


    Pelantikan tersebut berlangsung meriah di Pondok Pesantren Al Bukhory Kamang Baru pimpinan kiyai Heru Mustofa, Jumat (18/11/2022). 


    Selain pelantikan, agenda juga akan dilanjutkan dengan Pendidikan Dasar PKPNU Kabupaten Sijunjung dengan peserta lebih kurang 80 orang.


    Agenda pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Wabendum PBNU Azwandi Rahman, Bupati Kabupaten Sijunjung yang juga mustasyar PCNU Kabupaten Sijunjung, Kepala Urusan Agama Kecamatan Kamang Baru, Kapolsek Kamang Baru, Wali Nagari Kamang Syafril, Camat Kamang Baru Asrijal dan Kepala Dinas Kominfo David Rinaldo yang juga masuk kedalam jajaran pengurus PCNU Kabupaten Sijunjung serta peserta PD-PKPNU kabupaten Sijunjung.


    Wakil Bendahara Umum Pengurus PBNU Buya Azwandi Rahman mengatakan bahwa NU memiliki tanggung jawab yang berat yaitu mengawal bangsa, NU yang bisa untuk menetral bangsa ini untuk menjadikan bangsa yang maju.


    “Dimasa ini mari kita upgrade diri dengan tingkatkan ilmu pengetahuan melalui kaderisasi dan pemahaman kita, besarnya NU bukan di mulut, besarnya NU bukan dipikiran tapi besarnya NU bagaimana warga Nahdlatul Ulama bisa aman, tenteram, nyaman, damai di dalam mengamalkan paham ahlussunnah waljamaah segera bersatu dalam kebaikan untuk merawat jagad membangun peradaban," ujarnya.


    Bupati Kabupaten Sijunjung yang juga mustasyar PCNU Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya mengucapkan selamat atas suksesnya pelantikan PCNU Kabupaten Sijunjung periode 2022 - 2027.


    "Kami ucapkan selamat kepada ketua PCNU kabupaten Sijunjung yang sudah dilantik beserta jajarannya. Mudah-mudahan bisa menjadi kolaborasi dan berkomunikasi tentang kebaikan-kebaikan. Kami juga apresiasi panitia dan jajaran yang sudah bekerja keras termasuk dengan donatur yang sudah menyumbangkan materi sehingga acara ini bisa sukses," ujarnya.


    Lanjut, Bupati Benny menceritakan hari ini NU punya peran yang sangat strategis di pemerintahan, tidak hanya di kabupaten tetapi termasuk di republik Indonesia.


    "Tentu sayang semua ini kalau tidak bisa kita manfaatkan. Di jajaran pemerintah pusat kali ini mulai dari kementerian, dirjen dan lainnya hari ini banyak di isi oleh senior, kiyai dan buya dari NU," ucapannya.


    Pada kesempatan tersebut, Bupati Benny juga memberikan kabar baik bagi PCNU Kabupaten Sijunjung tentang hibah dari pemerintah daerah untuk PCNU pada tahun 2023.


    "InsyahAllah tahun depan kita sudah hibahkan dari Pemerintah Daerah untuk PCNU, mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban operasional PCNU, tidak banyak tapi mudah-mudahan bisa menantu termasuk juga dengan pemuda Ansor," katanya.


    Kedepannya, sambung Bupati Benny, dengan komunikasi yang baik, kita jalin beberapa program yang bisa dikolaborasikan. "Untuk pelatihan dan peningkatan kapasitas ada di beberapa OPD. Silahkan komunikasi, nanti kita sinergikan apa yang bisa kita sinergikan," ucapnya. 


    "Mudah-mudahan keberkahan untuk kabupaten Sijunjung dan untuk PCNU Kabupaten Sijunjung. Tentu kita akan kibarkan NU, kita akan besarkan NU di kabupaten Sijunjung," katanya.


    Ketua PCNU Kabupaten Sijunjung Buya Pebriyaldi mengatakan bahwa dalam menjalankan dan melaksanakan program kerja khusus memasyarakatkan lebih faham ahlussunnah waljamaah di Kabupaten Sijunjung kiranya dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan bersama, dan juga bahagian dari upaya Nahdlatul Ulama sebagai salah satu ormas besar yang mengambil peran untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sijunjung yaitu Maju, Sejahtera dengan Masyarakatnya yang Religius dan Rukun dalam Kebhinekaan.


    “Untuk itu mari kita bergandeng tangan, bergotong royong, bahu membahu menggerakkan NU sebagai sebuah organisasi yang dinamis yang berlatar belakang keagamaan, keulamaan dan sosial kemasyarakatan. Semoga kita dapat mengemban amanah ini dengan baik," paparnya


    Buya Pebriyaldi menambahkan, acara pelantikan PCNU Sijunjung 2022-2027 adalah sebuah momentum merealisasikan cita cita besar PBNU melalui tema besar dengan Merawat Jagat Membangun Peradaban di kabupaten Sijunjung.


    "Kita akan coba merealisasikan itu dengan fungsi manusia di permukaan Bumi yaitu Hamba Allah (QS. Azzariya: 51), Kholifatullah (QS. Albaqoroh: 30), Pemakmur (QS. HUD: 61) Fungsi manusia sebagai Hamba Allah itu akan direalisasi dengan teori pilar keimanan, keislaman dan Ihsan, ini sebagai pondasi untuk menguatkan lahir batin untuk pemimpin dan pemakmur bumi," terangnya


    Terakhir, Buya Pebriyaldi mengatakan acara pelantikan dilanjutkan dengan acara Pendidikan Dasar PKPNU hingga 3 hari kedepan sebagaimana amanat Ad/Art dan PERKUM NU yang wajib dilaksankan 1 kali paling kurang 1 tahun untuk dilaksankan oleh cabang yang berada pada klaster dua. (KT-Rls/Zaki)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PCNU Kabupaten Sijunjung Periode 2022-2027 Resmi Dilantik dan Gelar PDPKPNU Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top