• Headline News


    Thursday, November 3, 2022

    Hadapi Bencana, BPBD SBT Terus Edukasi Masyarakat

    SBT, Kompastimur.com
    Dalam menghadapi bencana alam di daerah ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seram Bagian Timur (SBT) terus gelar sosialisasi kepada masyarakat. Kali ini kegiatan Sosialisasi tersebut dipusatkan di Kecamatan Tutuk Tolu pada Kamis (03/11/2022).


    Kegiatan dengan Tema "Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) rawan bencana" dengan tujuan agar masyarakat diingatkan sejak dini berkaitan dengan tips saat terjadi bencana, sehingga menjadi modal dasar pengetahuan bagi masyarakat saat terjadi bencana. 


    Salah satu staf pada Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD SBT, Sayuti Pawae menjelaskan, bencana alam yang terjadi berada pada dua kategori, yaitu sedang dan tinggi. 


    Untuk itu pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, karena bencana itu terjadi kapan saja dan dimana saja sehingga harus ada antisipasi oleh masyarakat.


    "Bencana alam ada dua kategori saja yaitu sedang dan tinggi. Masyarakat harus mempunyai cukup pengetahuan untuk kesiap-siagaan mandiri, karena bencana itu kapan saja dan dimana saja bisa terjadi. Langka-langka pencegahan harus dilakukan agar bisa meminimalisir korban," kata Pawae.

    Ditempat yang sama, Camat Tutuk Tolu Saiful Ichwal Rumodar dalam arahan singkatnya mengatakan, bencana yang terjadi di desa-desa segera dilaporkan ke pihak kecamatan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Daerah di tingkat Kecamatan, agar pihak Kecamatan bisa menyampaikan ke Pemerintah Daerah lewat BPBD sehingga laporannya berjenjang.


    "Jika terjadi bencana segera laporkan ke kecamatan, nanti Kami dari pihak kecamatan melaporkannya ke Pemerintah Daerah," kat Camat.


    Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan Pemuda, Penjabat Desa, BPNA serta para staf kantor Camat Tutuk Tolu. (KT-FS)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hadapi Bencana, BPBD SBT Terus Edukasi Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top