• Headline News


    Tuesday, November 15, 2022

    26 November, 35 Desa Gelar Pilkades di SBT

    SBT, Kompastimur.com
    Pemilihan Kepala Desa serentak (Pilkades) di Kabupaten Seram Bagian Timur yang digelar pada 26 November 2022 ini diikuti 35 Desa. Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt.Kepala Dinas PMD SBT, M. Bahrum Weulartafella pada, Senin (14/11/2022) di ruang kerjanya.


    Dirinya menjelaskan semua tahapan sudah dilaksanakan dan sampai pada hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan screning oleh Panitia Kabupaten. Dari total 35 Desa yang ikut pada pelaksanaan Pilkades, sebanyak 105 Kandidat Bakal calon Kepala Desa yang bertarung. 


    Untuk kesiapan surat suara dan distribusinya ke Panitia pelaksana di Desa direncanakan pada pekan depan untuk Desa di Kecamatan Pulau Gorom, Pulau panjang dan Wakate yang ikut pelaksanaan Pilkades.


    "Kesiapan sudah, hari ini selesai screening. 105 Calon dari 35 Desa, jadi Selasa depan sudah bisa distribusi surat suara dan kotak suara," ucapnya.


    Untuk salah satu Desa di Kecamatan Pulau Gorom yakni Desa Kilalir Kilotak yang Penjabat Desanya juga maju pada kontestasi ini.


    Bahrum mengatakan, penjabat desanya mengambil cuti sehingga anggaran yang masih ada tidak bisa dicairkan oleh yang bersangkutan.


    "Dia cuti, dia tidak bisa menjalankan angaran tahun ini, anggaran dipending," kata Bahrum.


    Untuk sisi keamanan, Mantan Camat Kiandarat ini menambahkan, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak Polres Seram Bagian Timur untuk ikut membantu pengamanan pada saat pilkades digelar. Namun dirinya tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat di desa yang masuk dalam pelaksanaan Pilkades agar tetap menjaga kondisi keamanan di wilayah masing-masing, mulai dari awal sampai selesai sehingga Pilkades yang aman dan damai yang dicita-citakan dapat tercapai.


    "Saya sudah koordinasi kasat Intel dan pihak Polres diperbantukan dalam penanaman hajatan ini. Ada pakta integritas menang dan kalah harus siap terima," tutupnya. 


    Untuk diketahui, perencanaan Pilkades awalanya sebanyak 54 Desa, namun seiring dengan perkembangan kesiapan, sehingga rapat koordinasi yang digelar pada 4 November disepakati 30 Desa, namun kembali terjadi perubahan menjadi 35 Desa karena beberapa Desa telah menyelesaikan tahapannya. (KT-FS)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 26 November, 35 Desa Gelar Pilkades di SBT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top