• Headline News


    Thursday, October 27, 2022

    Wujud Kepedulian Lingkungan, Kodam XVI Pattimura Dukung Program Bulan Cinta Laut

    Ambon, Kompastimur.com
    -Maluku merupakan salah satu Provinsi yang memiliki potensi laut yang besar, khususnya terumbu karang dan hasil ikan. Dengan memiliki posisi yang strategis serta potensi kelautan yang melimpah, membuka peluang Maluku dijadikan poros maritim Indonesia. 

    Namun, hal tersebut perlu peran dan andil banyak pihak. Salah satunya dengan pelestarian lingkungan, terutama ekosistem laut. Untuk itu, hari ini Pengawasan Sumber Daya  Kelautan dan Perikanan(PSDKP) Ambon, menggandeng Kodam XVI/Pattimura, tim penyelam dari Danlantamal IX Ambon, Bakamla Zona Maritim Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku, Polairud Polda Maluku, Lanud Pattimura Ambon, Basarnas Ambon, Pattimura Diving Society (PADI) Universitas Pattimura Ambon, Medical Diving Club (MEDIC) Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon, POS Madule, LSM ECONUSA, Komunitas PARI DIVE kembali menggelar kegiatan Bulan Cinta Laut (BCL) untuk mengampanyekan pentingnya menjaga kesehatan laut sebagai sumber kehidupan maupun penopang pertumbuhan ekonomi sekaligus memperingati HUT KKP yang ke- 23 ini. 


    Kegiatan ini digelar di Baileo Emas Putih, Air Salobar, Ambon,  (27/10/2022). Hari kamis.

    Dengan mengusung tema "Laut Sehat, Indonesia Sejahtera" Salah satu agenda yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah, pembersihan sampah di pesisir pantai dan penyelaman pengambilan sampah di dasar laut.


    Kepala  Pengawasan Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan(PSDKP), Mubarak, S. St.Pi., saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini digelar dengan tujuan, untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat kepada Laut, dan memberikan edukasi, bahwa Laut manjadi tanggung jawab bersama. 


    “Tanggung jawab dalam membersihkan atau mempertahankan asrinya laut itu bukan beberapa orang saja, tetapi seluruh elemen masyarakat, sehingga bisa memberi pengetahuan masyarakat, khususnya di teluk Ambon ini terjaga keasriannya dan tidak ada sampah di perairan”, ujarnya.


    Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan laut "tolong, mari kita jaga bersama laut ini, karena ketika laut rusak, yang rusak kita juga. Di Maluku terkenal dengan Negeri Kepulauan, tentunya sumberdaya, sumberdaya itu yang terbesar ada di laut sehingga masyarakat harus menjaga laut, buang sampahnya jangan ke laut lagi" tegasnya 


    Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa yang saat itu menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura selalu siap mendukung Program Kementrian Kelautan dan Perikanan(KKP) dalam program Bulan Cinta Laut yang di selenggarakan oleh PSDKP Ambon. Program ini dinilai  Pangdam ,sangat bagus dan bukan hanya manfaatnya, nanti dirasakan oleh lingkungan tapi juga masyarakat. 


    "Kegiatan ini sangat bagus karena menjaga lingkungan, kemudian juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa kegiatan ini bukan tanggung jawab PSDK Ambon saja, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama" kata Pangdam saat ditanya wartawan 


    Kegiatan Bulan Cinta Laut (BCL) ini di apresiasi langsung oleh para penyelam dari kepala Zona Bakamla Timur dengan 4 orang Penyelam dan 3 personil RHB atau juru mudi,dari Basarnas 4 orang Penyelam,1 personil juru mudi,KSOP Ambon 2 orang Penyelam,dan dari Ditpolairud 5 orang Penyelam,2 personil juru mudi.


    Untuk itu, Pangdam menghimbau untuk terus sama-sama melestarikan ekosistem laut, sehingga nanti anak cucu bisa terus melestarikan dan menikmati laut sebagai sumber kehidupan. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wujud Kepedulian Lingkungan, Kodam XVI Pattimura Dukung Program Bulan Cinta Laut Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top