• Headline News


    Saturday, October 15, 2022

    Tim Kesehatan Lantamal IX Ambon Beri Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Pulau 3T

    Ambon, Kompastimur.com - Sebagai wujud nyata dari Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, salah satunya yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, perintahkan prajuritnya dari Tim Kesehatan Lantamal IX untuk melaksanakan Bakti Kesehatan di Pulau 3T di Provinsi Maluku, Sabtu (15/10/2022).


    Adapun Bakti Kesehatan (Bakkes) yang dilaksanakan di Pulau 3T Provinsi Maluku kali ini yakni penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis pada masyarakat yang notabene jauh dari tempat fasilitas kesehatan dan memerlukan bantuan dalam hal penanganan tenaga medis.


    Bakti Kesehatan Lantamal IX di Pulau 3T Provinsi Maluku yang didukung dari tenaga kesehatan Diskes Lantamal IX dan Rumkital dr. F. X. Suhardjo ini dipimpin oleh Letda Laut (K) dr. Jordy beserta 5 orang tim kesehatan Lantamal IX Ambon. Dalam pelaksanaannya, bakti kesehatan ini digelar di Pulau Gorom, Pulau Geser dan Pulau Banda.


    Tampak masyarakat sangat antusias saat tim medis Lantamal IX mendatangi posko kesehatan yang sudah disiapkan oleh warga di tempat Bakkes digelar, yang notabene jauh dari fasilitas kesehatan. Tercatat laporan dari tim kesehatan Lantamal IX sekitar 200 orang hadir saat pelaksanaan pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan. Antara lain, pengobatan gratis di Pulau Gorom pada hari Kamis (13/10/2022), bertempat di SMA N 4 Desa Kataloka, Pulau Gorom, Seram Bagian Timur, tercatat sekitar 50 orang dengan pengobatan pada pasien diagnosa Osteoarthritis, Hipertensi, Mialgia, ISPA dan Hiperkolesterolemia.


    Sedangkan pengobatan gratis di Pulau Geser pada hari Jumat (14/10/2022) yang berlokasi di Kantor Camat Seram Timur, Seram Bagian Timur, tim kesehatan Lantamal IX melayani kurang lebih 50 orang dengan penyakit yang diderita dari para pasien antara lain Osteoarthritis, Hipertensi, Mialgia, ISPA, Hiperkolesterolemia dan Dermatitis.


    Lebih lanjut, bakti kesehatan yang dilaksanakan pada hari ini Sabtu (15/10/2022) di Pulau Banda, tim medis melaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut bertempat di Komplek Istana Mini, Banda, Maluku Tengah. Sekitar 100 orang dari warga sekitar lokasi menghadiri acara tersebut.


    Dalam kesempatan berbeda, Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan misi TNI AL dalam hal ini Lantamal IX yang bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku dalam ekspedisi rupiah berdaulat di Pulau Terluar, Terdepan, Tertinggal (3T) di Provinsi Maluku.


    "Dalam kegiatan kerjasama ekspedisi rupiah berdaulat Lantamal IX dan BI Provinsi Maluku kali ini, selain penukaran uang yang tidak layak pakai dari BI, kita dari Lantamal IX juga melaksanakan Bakti Kesehatan pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan oleh tim medis Lantamal IX", tutur Danlantamal IX.


    "Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Perintah Harian Kasal, yakni jalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan", pungkas Brigjen TNI Said Latuconsina. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tim Kesehatan Lantamal IX Ambon Beri Pengobatan Gratis Bagi Masyarakat Pulau 3T Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top