• Headline News


    Friday, October 28, 2022

    Lestarikan Semangat Perjuangan Pemuda, Brigjen TNI Said Latuconsina Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

    Ambon, Kompastimur.com 
    TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 dengan tema "Bersatu Bangun Bangsa", bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M. Tr. Opsla., sedangkan Komandan Upacara (Danup) Mayor Laut (S) Samsun. Kegiatan upacara bertempat di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Jumat (28/10/2022)


    Rangkaian upacara pagi hari ini diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan Mengheningkan Cipta, Pembacaan Teks Pancasila oleh Irup, Pembacaan Teks Proklamasi UUD 1945 dan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 serta Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.


    Dalam amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali yang dibacakan Irup menyampaikan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya untuk menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.


    Tema Peringatan Sumpah Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa", tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung sumpah pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.


    "Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa", tambah Kolonel Laut (P) Eka Prabawa.


    Lebih lanjut, dengan capaian prestasi yang telah diraih pemuda Indonesia baik di level Nasional maupun Internasional dapat menjadi modal dalam membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang. Namun, pemuda Indonesia juga dihadapkan dengan ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.


    "Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa. Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial, pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni", pungkas Wadan Lantamal IX.


    Rangkaian upacara kemudian diakhiri dengan Menyanyikan lagu Bangun Pemuda Pemudi dan Pembacaan doa. Tidak hanya di Lapangan Apel Mako Lantamal IX, sebanyak satu pleton perwakilan prajurit Lantamal IX pada hari ini juga melaksanakan kegiatan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Merdeka Ambon.


    Hadir dalam kegiatan upacara di Lantamal IX Ambon, Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M. Tr. Opsla., Para Asisten Danlantamal IX, Para Kasatker jajaran Mako Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX, Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lantamal IX Ambon. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lestarikan Semangat Perjuangan Pemuda, Brigjen TNI Said Latuconsina Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top