• Headline News


    Wednesday, October 5, 2022

    HUT TNI ke- 77 Dimeriahkan Oleh Defile Pasukan Alutsista

    Ambon, Kompastimur.com
    Defile pasukan dan alat utama sistem senjata (Alutsista) mewarnai peringatan HUT ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berlokasi di Lantamal Ambon, Rabu (5/10/2022).


    Puncak HUT ke-77 TNI itu dihadiri Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Danguspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ashari Alamsyah, CHRMP, Danlantamal IX/ Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Irdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Muhamad Muchidin, Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Syaepul Mukti Ginanjar, Danrem 151/ Binaiya Brigjen TNI Maulana Ridwan, Kabinda Maluku Brigjen TNI Jimmy Aritonang, Kepala BNN Provinsi Maluku, Kajati Maluku, dan Forkopimda Provinsi Maluku PNS, serta Siswa - Siswi tingkat SD,SMP, bahkan Resimen Mahasiswa (Renma) juga hadir.


    HUT TNI yang ke -77 ini mengusung thema "TNI ADALAH KITA".


    Dalam upacara HUT, bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, sedangkan komandan upacara adalah Letkol Mar Yessi Rowin Z. Simarmata.


    Dirgahayu TNI menampilkan lambang kelompok kehormatan dari Kesatuan TNI yang terdiri dari

    Pataka Kodam XVI/ Pattimura, Lawamena Haulala ; Pataka Lantamal IX Ambon, Mahalatu Kota Kupari, dan Pataka Lanud Pattimura, Prayatna Kerta Gegana. Sejumlah Pataka ini sebagai simbol kejayaan, keperkasaan dan kekuatan TNI.


    Dalam amanat dari Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, yang dibacakan oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail mengatakan, hasil Survei Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) bulan Juni 2022, TNI meraih kepercayaan tertinggi dengan skor sebesar 93,2%. 


    Sedangkan hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen.


    Demikian juga hasil Lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada 27 September 2022 yang merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar 93,5 persen.


    Oleh karena itu, dia berpesan agar semua prajurit TNI senantiasa menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI. 


    "Kita harus menjaga kepercayaan yang sudah diberikan masyarakat kepada kita," tegasnya.


    Menutup sambutannya, ia mendoakan semoga dalam tugas dan tanggung jawab sebagai TNI, selalu di jaga dan dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Esa.


    “Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan kekuatan, petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada masyarakat,


    Untuk Defile ini terdapat parade delapan pasukan dan 60 alutsista yang terdiri dari 48 Alutsista darat dan 12 alutsista laut kemaritiman. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: HUT TNI ke- 77 Dimeriahkan Oleh Defile Pasukan Alutsista Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top