• Headline News


    Monday, October 17, 2022

    Gubernur Sebut Festival Hadrat Potensial Jadi Ikon Wisata Budaya Daerah

    Ambon, Kompastimur.com - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, menutup pelaksanaan lomba Festival Hadrat Bersahaja, Minggu, (16/10/2022). Lomba Hadrat yang diselenggarakan oleh Komunitas Bersahaja Batu Merah itu, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah/2022 Masehi. 


    Festival ini diikuti 19 tim dari Kota Ambon dan sekitarnya, dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang lebih.


    Festival Hadrat Bersahaja merupakan sarana untuk mensosialisasikan nilai-nilai budaya kepada masyarakat, dan diharapkan menjadi sarana transmisi budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.


    Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Pj. Sekda Maluku Sadali Ie,  mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan lomba Hadrat tersebut. Festival Hadrat tersebut dinilai sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan daerah, khususnya budaya yang bernafaskan Islam.


    "Lomba hadrat itu dapat meningkatkan partisipasi dan apresiasi masyarakat, khususnya generasi muda Maluku untuk menjaga kekayaan seni budaya, serta dapat ditingkatkan sebagai ikon yang potensial dalam mengembangkan produk wisata budaya daerah. Selain itu, festival hadrat dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas anak-anak negeri," kata Gubernur. 


    Dengan demikian, sambung Gubernur, generasi muda tidak terjebak dalam degradasi moral akibat pengaruh negatif dari globalisasi yang tak berarah seperti penyalahgunaan narkoba, perilaku seks bebas, kekerasan pelajar dan lain-lainnya.


    "Saya berharap, agar nilai-nilai seni dan budaya yang terkandung dalam lomba hadrat ini tidak hanya dijadikan sebagai tontonan, namun menjadi tuntutan dalam merawat kebersamaan dan persaudaraan," tutup Gubernur. 


    Turut hadir dalam acara penutupan festival, Penjabat Walikota Ambon Boedewin Wattimena, Sekot Ambon Agus Ririmase serta  pimpinan dan staf pemerintah Negeri Batu Merah. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Sebut Festival Hadrat Potensial Jadi Ikon Wisata Budaya Daerah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top