• Headline News


    Thursday, September 15, 2022

    Tawaran Konsep Pembangunan Daerah Di Bidang Pendidikan Kepada Pemda SBB

    Oleh : Wan Tamaela
    Penggerak Literasi Pendidikan Maluku

    Melihat Kerentanan Sosial Yang Semakin Mengharuskan Generasi Untuk Mengabdi Pada Masing-Masing Daerah Tentu Sangat Penting Dan Perlu Mendapat Dukungan Penuh Dari Pemerintah serta Masyarakat Setempat.


    Upaya Mensejahterakan Daerah Di Bidang Pendidikan Melalui Kebijakan Pemerintah Daerah Adalah Untuk Meningkatkan Keutuhan Daerah Melalui Kerja Sumber Daya Secara Berkelanjutan.


    Sebagai Daerah Yang Bisa Dibilang Masuk Dalam Kategori Daerah Yang Masih Jauh Tertinggal Dari Pendidikan Ialah Seram Bagian Barat. Maka Tugas Pemerintah Daerah Ialah Melakukan Terobosan Baru Di Dunia Pendidikan Dan Bekerja Sama Dengan Seluruh Elemen Masyarakat Luas Untuk Memperkenalkan Program Pendidikan Di Daerah Yaitu Masuknya Salah Satu Perguruan Tinggi Negeri (Kampus) Agar Pemerataan Pendidikan Di Daerah Ini Dapat Sejajar Dengan Daerah-Daerah Kabupaten/Kota Lainnya Di Lingkup Provinsi Maluku.


    Salah Satu Faktor Utama Pengembangan Suatu Daerah Yaitu Pendidikan. Artinya Pendidikan Mampu Memberikan Terobosan Yang Cukup Signifikan Di Dunia Kerja. Hal Tersebut Memberikan Dampak Positif Bagi Generasi Dalam Mengembankan Kemampuan Yang Dimiliki Agar Dapat Bekerja Secara Leluasa Dan Mengabdi Pada Daerah Yang Ditempatinya.


    Harapan Kita, Pemerintah Daerah Lebih Terbuka Bahwa, Seiring Berkembangnya Teknologi Dan Tantangan Di Dunia Kerja Pada Suatu Wilayah Tertentu Masih Mempengaruhi Tingkat Kerja Dari Berbagai Bidang; Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Serta Budaya.


    Hemat Penulis Bahwa, Tujuan Masuknya Kampus (Perguruan Tinggi Negeri) Yakni Meningkatkan Tenaga Kerja Sumber Daya, Menambah (PAD) serta Mengurangi Angka Pengangguran.


    Beberapa faktor pendukung kemajuan suatu daerah melalui bidang pendidikan dapat dimaksimalkan secara berkelanjutan seperti;


    - Sekolah literasi berupa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat dimanfaatkan melalui dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan. Disisi lain sekolah literasi dapat dimanfaatkan generasi muda agar lebih giat dan lebih fokus pada pelatihan dan penulisan karya ilmiah (esay) dalam mendukung peningkatan pendidikan


    - Masuknya perguruan tinggi negeri (PTN) atau (PTS) pada suatu wilayah sangat diperlukan untuk pemerataan dan peningkatan pendidikan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran dari para lulusan-lulusan di tiap-tiap perguruan tinggi.


    - Pentingnya perhatian pemerintah daerah dalam mengatur dan mengelola sarana dan prasarana sebagai kebutuhan kerja sumber daya manusia diharapkan dapat difungsikan sebagai wujud kerja nyata kepada masyarakat luas.


    - Pemerintah daerah harus lebih terbuka dan mampu melakukan loby kepada pemerintah pusat agar segala aspek kebutuhan daerah di bidang pendidikan dapat dipenuhi dan dinikmati oleh masyarakat luas.


    Dari uraian di atas sangat jelas bahwa, beberapa dekade terakhir Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi masih terus mengevaluasi kurikulum pendidikan dari tahun ke tahun akan tetapi, Berbagai program kependidikan dilakukan melalui daring/online seperti misalnya; Seminar Nasional, Kegiatan Worshkop Secara Nasional Tentu sangat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan.


    Hal tersebut perlu di pertanyakan ke pemerintah pusat dalam hal tugas dan tanggung Jawab sebagai Kemendikbutristek. Sebab selama ini Provinsi Maluku, dan Daerah/Kabupaten Kota Lainnya, belum di maksimalkan kunjungan lapangan yang seharusnya hal itu dilakukan agar melihat langsung bagaimana kondisi pendidikan dan kebutuhannya di wilayah Maluku.


    Forum Peduli Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Barat terus melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan, elemen masyarakat, untuk mendukung kerja Pemerintah Daerah sebagai upaya pemerataan pendidikan dan kerja sumber daya manusia di bidang pendidikan pada Daerah Maluku.


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tawaran Konsep Pembangunan Daerah Di Bidang Pendidikan Kepada Pemda SBB Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top