• Headline News


    Wednesday, September 7, 2022

    Seluruh Elemen Bersih - Bersih Teluk Ambon, Danlantamal : Bangun Kejayaan Maritim

    Ambon, Kompastimur.com - Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina didampingi Ketua Korcab IX DJA III Ny. Widiya Said Latuconsina melaksanakan Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022, Rabu (07/09/2022).


    Kegiatan yang mengusung tema "Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", Laut bersih, Rakyat Sejahtera berpusat di pantai sekitar Jembatan Merah Putih (JMP), Hative Kecil, kota Ambon.


    Menurut Danlantamal IX Ambon, Gerakan Nasional ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT TNI AL yang ke-77 dan dilaksanakan secara serentak di 77 titik lokasi di seluruh Indonesia. 


    "Kegiatan yang dilaksanakan terpusat di Kolinlamil Jakarta tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, dan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono," ungkap Latuconsina.


    Sebanyak lebih kurang 5 ton sampah terkumpul pada kegiatan bersih laut dan pantai hari ini di pantai sekitar Galala, Ambon.


    Serta tidak kurang dari 570 personel dari TNI/POLRI, Bakamla Zona Maritim Timur, Basarnas Provinsi Maluku, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup kota Ambon, Mahasiswa dan pelajar kota Ambon, Saka Bahari Lantamal IX, komunitas pecinta lingkungan, komunitas penyelam kota Ambon, masyarakat desa Galala dan masyarakat Negeri Hative Kecil bergabung untuk bersama-sama bergotong-royong membersihkan sampah. 


    Latuconsina memberikan apresiasi tinggi atas kerjasama kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.


    "Saya mengucapkan terima kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi sehingga acara ini dapat dilaksanakan dengan baik", tutur Danlantamal IX.


    "Gerakan Nasional Laut Bersih ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI AL yang Ke-77 tanggal 10 September 2022, bertepatan juga dengan HUT Ke-447 Kota Ambon, dan diharapkan terus dilanjutkan sehingga tercipta keseimbangan alam dan kelestarian lingkungan", tambah Brigjen Said Latuconsina.


    Program ini diharapkan mampu memberikan hal positif terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan, memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan, laut dan pesisir pantai.


    "Kebersihan dan keindahan laut sangat tergantung dari bagaimana kita berperilaku hidup di darat. Laut bersih berarti kita membersihkan semua sampah yang ada di darat juga", tegas Danlantamal IX.

    Beliau juga berpesan untuk selalu menjaga keseimbangan antar manusia dan lingkungan, salah satunya adalah melaksanakan bersih laut dari sampah. 


    Hal ini merupakan upaya penyelamatan bumi dari pemanasan global yang terjadi saat ini dan sebagai upaya menciptakan perairan Teluk Ambon yang bersih sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keindahan.


    Dalam kegiatan ini juga didukung oleh 23 penyelam dari Yonmarhanlan IX Ambon, Basarnas, Bakamla, Polairud dan rekan-rekan diving club serta rekan jurnalis juga ikut terlibat dalam membersihkan di bawah permukaan laut terutama sampah plastik yang memang sulit untuk terurai. 


    Selain bersih-bersih laut dan pantai, Danlantamal IX yang didampingi Ketua Korcab IX DJA III juga menyerahkan secara simbolis alat kebersihan dan bahan kontak kepada masyarakat sekitar pantai Galala Teluk Ambon. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Seluruh Elemen Bersih - Bersih Teluk Ambon, Danlantamal : Bangun Kejayaan Maritim Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top