• Headline News


    Monday, September 12, 2022

    Puncak HUT Ke-77 TNI AL, Danlantamal IX Gelar Upacara Dan Syukuran

    Ambon, Kompastimur.com - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022, bertempat di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Senin (12/09/2022)


    Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., dengan Komandan Upacara (Danup) Letkol Laut (KH) Djoko Heksa Purnomo, S. Si., M. Si. Turut hadir dalam pelaksanaan upacara, Danguspurla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Ashari Alamsyah, CHRMP., Ketua Korcab IX DJA III Ny. Widiya Said Latuconsina beserta pengurus Korcab IX DJA III dan perwakilan PPAL (Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut).


    Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Irup, disampaikan bahwa sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya bangsa ini, 77 tahun silam. Selama itu pula, TNI Angkatan Laut selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup Bangsa Indonesia.


    "Sebagai Negara Maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan Bangsa Indonesia. Kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan Nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup", tutur Danlantamal IX.


    Lautan juga menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian Bangsa Indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim. Di dasar lautan juga membentang kabel optik, sarana ekonomi digital masa kini, yang semakin hari semakin vital dalam kemajuan perekonomian bangsa.


    "Tidak bisa dipungkiri, kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat laut, jaminan keamanan bernavigasi, jaminan atas terbukanya akses yang sama pada sumber daya alam, yang semuanya membutuhkan kekuatan TNI Angkatan Laut. Sebagai generasi penerus, kami mengucapkan terima kasih atas landasan kokoh yang telah dibangun para senior dan pendahulu." tambah Brigjen Said Latuconsina.


    Pada HUT yang ke-77 tahun 2022 ini, TNI Angkatan Laut selalu berupaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia dalam bentuk profesionalisme prajurit untuk menyiapkan para pengawak kekuatan Angkatan Laut ke depan.

    Setelah dilaksanakan upacara di lapangan dilanjutkan dengan acara syukuran pemotongan tumpeng dan pemberian tali asih kepada perwakilan PPAL (Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut) di gedung Dr. J. Leimena Lantamal IX Ambon. Meskipun acara ini dilaksanakan secara sederhana namun hal tersebut merupakan bentuk syukur dari berbagai terpaan dan ujian yang telah dialami bangsa ini, namun sejarah membuktikan kita selalu mampu bangkit berdiri tegak lebih kuat dari sebelumnya.


    Bangsa yang kuat bukanlah bangsa yang tidak pernah jatuh dalam menghadapi ujian dan tantangan, namun bangsa yang ketika jatuh mampu bangkit berdiri lebih kuat. Pulihlah Indonesiaku, bangkitlah lebih kuat, jayalah selalu TNI Angkatan Laut. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puncak HUT Ke-77 TNI AL, Danlantamal IX Gelar Upacara Dan Syukuran Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top