• Headline News


    Thursday, September 15, 2022

    Kurangi Pengangguran, Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Lakukan Penjaringan Tenaga Kerja

    Ambon, Kompas timur.com - Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan kota Ambon, Ir Steiven. B. Patty kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan saat ini angka Pencari Kerja (Pencaker) di kota Ambon yang kian hari makin bertambah.


    Bertambahnya Pencaker ini berdasarkan angka yang bisa di  lihat dari kartu Pencaker yang diurus Pencaker.


    Untuk mengurangi angka Pencaker yang semakin meningkat Maka, Dinas Tenaga Kerja kota Ambon berupaya untuk membangun kerjasama dengan semua perusahaan swasta untuk dapat mempermudah masyarakat mendapat pekerjaan atau sebaliknya perusahan mendapatkan tenaga kerja.


    Selain itu, Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon juga melakukan penjaringan tenaga kerja untuk setiap dunia industri.


    "Karena Dinas Tenaga Kerja mempunyai tupoksi untuk bisa mengurangi angka pengangguran, sebab angka pengangguran merupakan tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja juga ada didalamnya," jelas Patty, Rabu (14/9/2022).


    Menurut Patty, angka pengangguran di kota Ambon tiap tahun makin bertambah, dan itu fakta seiring dengan tiap tahun terjadinya kelulusan sarjana di setiap universitas.


    "Sekian banyak sarjana yang lulus dari sejumlah kampus di setiap tahunnya otomatis membuat angka Pencaker semakin meningkat," tutur Patty.


    Ia menambahkan, pihaknya selalu berusaha bekerja sama dengan dunia industri untuk mengatasi pengurangan angka pengangguran yang terjadi, dan sekaligus mengkafer berapa banyak jumlah yang harus di salurkan ke dunia industri tersebut.


    "Sebagai contoh salah satunya adalah Alfamidi. Tapi untuk perekrutan pencaker yang di lakukan harus sesuai dengan mekanisme dan kebutuhan dari masing - masing dunia industri," tambahnya.


    Untuk mengetahui lowongan pekerjaan yang di sediakan oleh dunia usaha, lanjutnya, baik yang berada di kota Ambon maupun secara regional dapat di lihat pada link Instagram Disnaker office.


    "Semua informasi mengenai lowongan kerja di sampaikan disana, sebab Dinas Tenaga Kerja kota Ambon sudah bekerja sama dengan Badan Perlindungan Pekerja Negara Indonesia (BP2NI) untuk mempermudah penyampaian informasi lowongan kerja yang di butuhkan masyarakat," ungkapnya.


    Tak hanya sampai disitu, Patty menerangkan bahwa Dinas Tenaga Kerja kota Ambon juga bekerja sama dengan Badan Penyalur Tenaga Kerja Indonesia (BPTKI) yang legal yang telah terdaftar dan telah di akui ijinnya dan ada juga beberapa perusahan industri.


    "Kerja sama ini untuk mempermudah para Pencaker  mendapatkan pekerjaan serta mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang menjadi harapan bersama untuk mengurangi angka pengangguran di kota Ambon," tutupnya.

    Terpisah, HRD Alfamidi, Welly Petta kepada wartawan mengatakan Guna mempercepat Rekruitmen pegawai Alfamidi di Kota Ambon, perlu dilakukan kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja kota Ambon.


    Demikian dikatakan Petta Kepada wartawan di aula lantai 2 kantor Dinas Tenaga Kerja kota Ambon, Rabu (14/9/2022).


    Petta menjelaskan, Gerai Alfamidi membangun kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Ambon dengan tujuan untuk mempermudah penyampaian lowongan pekerjaan kepada Pencaker berdasarkan data yang di peroleh oleh Gerai Alfamidi dari Dinas Tenaga Kerja kota Ambon.


    "Karena Alfamidi merupakan salah satu Gerai yang sudah tersebar ke mana - mana dan telah memiliki 11 cabang yang berada di pulau Sumatera dan pulau Jawa," katanya.

    Untuk itu pihaknya menghimbau agar Pencaker dapat memanfaatkan kesempatan kerja yang disampikan Dinas Tenaga Kerja Ambon. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kurangi Pengangguran, Dinas Tenaga Kerja Kota Ambon Lakukan Penjaringan Tenaga Kerja Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top