• Headline News


    Wednesday, September 7, 2022

    Koperasi Sasi Tu Glinan Hadir Jawab Tantangan Global

     

    Namrole, Kompastimur.com
    Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Daerah Buru Selatan (Dabursel) resmi memiliki Koperasi yang bergerak di usaha penjualan bahan sembako.


    Hadirnya koperasi yang diberi nama 'Sasi Tu Glinan' ini menandakan kemajuan AMGPM Dabursel sekaligus menjawab program organisasi.


    Menurut Ketua AMGPM Dabursel, Dominggus Seleky, usaha ini turut menjawab gumulan GPM terkait membangun Gereja yang memiliki ketahanan dan daya juang demi kualitas hidup bersama di Tengah pergumulan pandemi Covid-19 dan transformasi digital.


    Lanjut Seleky, Koperasi Sasi Tu Glinan hadir untuk menciptakan lapangan kerja bagi kader sekaligus menjawab kebutuhan anggota AMGPM maupun masyarakat secara luas.


    "Kita membangun koperasi ini bukan untuk menjadi kuat, tetapi untuk menjawab semua kebutuhan yang ada di daerah dalam ber-AMGPM," ujar Seleky dalam sambutannya saat peresmian Koperasi Sasi Tu Glinan di Penginapan Cande Modat, Desa Labuang, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel, Rabu (07/9/2022).


    Ia menjelaskan, kehadiran Koperasi Sasi Tu Glinan juga untuk memperkuat organisasi dari segi ekonomi dan finansial. Sebab jika melihat kondisi ekonomi nasional saat ini yang berdampak ke  seluruh sektoral, koperasi menjadi salah satu solusi bagi AMGPM Dabursel untuk mematangkan semangat dalam upaya pemberdayaan bagi para kadernya.


    "Tentu upaya ini dapat memberikan manfaat dan peluang, selain bagi para kader tetapi juga untuk organisasi dan kemaslahatan umat dalam meningkatkan kesejahteraan," terang Seleky.


    Di samping itu, dalam upaya pengembangan usaha Koperasi tentu perlu memiliki integritas sebagai kualitas terpenting dalam suatu konsep usaha yang berkaitan dengan perilaku, nilai dan prinsip yang jujur dan kuat.


    "Maka dengan konsep ini akan menjadi dorongan bagi pemberdayaan yang efektif dan efisien bagi para kader AMGPM di Dabursel," paparnya.


    Lebih jau Seleky menjelaskan, setiap kader diarahkan dan dibimbing menjadi figur yang lincah, dalam artian figur yang memiliki karakter cekatan yang selalu bergerak dan tidak tinggal diam serta mampu melihat peluang usaha. 


    Kelincahan yang dimaksudkan agar AMGPM Dabursel serta Pengurus Koperasi Sasi Tu Glinan bisa beradaptasi dengan kondisi di setiap perkembangan serta mampu menjawab gumulan kader, baik dari tingkatan pendidikan, profesi pekerja serta tantangan alam dan iklim.


    Seleky menambahkan, selain usaha sembako, koperasi Sasi Tu Glinan kedepannya akan menyesuaikan pola potensi sumber daya alam yang berada di masing-masing wilayah pelayanan sebagai produk unggulan yang nantinya akan didistribusikan ke pasar global.


    "Setelah ini kita akan merambat pada sektor-sektor usaha lain. Diantaranya akan memberdayakan sumber daya alam yang ada di wilayah pelayanan dan mendistribusi sumber daya alam itu ke pasar Global," tutur Seleky penuh optimis.


    Di kesempatan itu, Seleky berharap semua potensi AMGPM Dabursel dapat mendukung dan mensupport Koperasi Sasi Tu Glinan yang sudah di gagas oleh AMGPM Dabursel.


    "Keberlangsungan Koperasi ini tidak lepas dari peran semua pihak. Untuk itu dukungan dan support dari seluruh potensi AMGPM sangat diperlukan," pungkasnya. (KT/02)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Koperasi Sasi Tu Glinan Hadir Jawab Tantangan Global Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top