• Headline News


    Friday, September 2, 2022

    Gubernur Dampingi Presiden Berikan Bantuan Ke Pedagang dan Tinjau Proyek Optimalisasi SPAM Wey Momolin

    Saumlaki, Kompastimur.com - Setelah bermalam di Hotel Beringin Dua, Jumat pagi, (2/9/2022), Gubernur Maluku Murad Ismail dan Ibu Widya Pratiwi Murad mendampingi  Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi, melakukan rangkaian kegiatan di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).


    Kedatangan Presiden Jokowi ini merupakan kunjungan kedua Presiden RI ke KKT, Maluku, setelah Presiden RI Soekarno datang ke Tanimbar tahun 1958. 


    Diketahui, Presiden Jokowi dan Gubernur Murad bersama  rombongan menempuh perjalanan menggunakan kendaraan roda empat. Presiden dan Gubernur bersama rombongan tiba di Pasar Ngrimase Olilit, Pukul 08.10 WIT. 


    Kehadiran orang nomor satu di negara ini langsung membuat ribuan pedagang dan masyarakat antusias. Mereka saling berebut mendekat untuk bersalaman dengan presiden yang sangat dicintai rakyat itu. 


    Terlihat diraut wajah Presiden Jokowi senyum khasnya. Presiden kemudian menyalami warga yang berebut menyalaminya. Bersama Gubernur Murad, Presiden Jokowi lantas berkeliling di dalam pasar seraya menyapa masyarakat. 


    "Ya ini sudah lama sekali, tidak pernah dikunjungi dari Jakarta (Presiden). Dan ini sudah lebih dari 50 tahun. Sehingga kalau masyarakat begitu antusias, ya karena mereka mungkin ingin ketemu dengan pemimpinnya," kata Jokowi seraya tersenyum.


    Saat di Pasar Olilit, Presiden menyerahkan Paket Sembako berupa 5 kg beras, 1 kg gula pasir, daun teh dan minyak goreng kepada sejumlah pedagang yang sedang menjajakan dagangan.


    Para pedagang ini merupakan perwakilan dari 100 orang peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Presiden juga menyerahkan Bansos kepada sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) dan menyerahkan bantuan tunai (Modal kerja) kepada 100 orang pedagang basah. 


    "Kita harapkan dengan modal kerja yang lebih baik, omzet dagangannya lebih meningkat," kata Presiden.  


    Kurang lebih 20 menit berkeliling di pasar, pukul 08.40 WIT, rombongan kemudian beranjak menuju Kantor Pos Cabang Saumlaki, untuk melakukan peninjauan, sekaligus menyerahkan bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM), selama empat bulan sebesar Rp. 600 ribu (Per bulan Rp. 150 ribu) kepada masyarakat penerima manfaat.


    "Dengan suntikan BLT BBM ini, daya beli masyarakat bisa terjaga dengan baik," ungkap Presiden.


    Kegiatan dilanjutkan peninjauan lokasi Optimalisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wey Momolin. 


    SPAM yang dibangun untuk menyuplai kebutuhan air minum masyarakat di Saumlaki ini meliputi dua sistem yaitu Mata Air Wey Momolin dan Bomaki. 


    Bomaki merupakan pembangunan jaringan perpipaan dengan total lima ribu sambungan rumah. 

    Akhir dari kunjungannya, Presiden menyempatkan diri untuk menunaikan Shalat Jumat berjamaah di Masjid Baiturrahman sebelum kembali ke Jakarta.


    Gubernur bersama Presiden dan rombongan kemudian take off dari Bandara Udara Mathilda Batlayeri, Saumlaki, KKT, menuju ke Bandara Udara Internasional Pattimura Ambon Tepat pukul 14.45 WIT.


    Terlihat, pejabat negara yang turut mendampingi Jokowi di KKT diantaranya Sekretaris Kabinet, Pramono Anung Wibowo dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.


    Sedangkan sederet pejabat Forkompinda yang turut mengikuti kegiatan diatas diantaranya Kapolda Maluku Irjen. Pol. Lotharia Latif dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Ruruh Aris Setyawibawa dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov, Penjabat Bupati KKT Daniel. E. Indey serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab KKT. (AJP).


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Dampingi Presiden Berikan Bantuan Ke Pedagang dan Tinjau Proyek Optimalisasi SPAM Wey Momolin Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top