• Headline News


    Saturday, September 17, 2022

    Gerakan Nasional Revolusi Mental, Danlantamal IX Hadiri Apel Kebangsaan Dan Doa Bersama


    Ambon
    Kompastimur.com - Komandan Lantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, menghadiri Apel Kebangsaan dan Do'a Bersama Membangun Indonesia bertempat di Lapangan Merdeka Jl. Slamet Riyadi, Uritetu, Sirimau, kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (16/09/2022)


    Kegiatan Apel Kebangsaan dan Doa Bersama Membangun Indonesia tahun ini mengusung tema "Gerakan Nasional Revolusi Mental". Bertindak selaku Pembina Apel Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail,  yang diwakili Sekda Provinsi Maluku Ir. Sadli Le.


    Hadir dalam pelaksanaan apel, Deputi Bidang Reformasi Peningkatan Pendidikan dan Modernisasi Beragama RI Ir. Aris Darmawangsa Edi Saputra, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Kepala Zona Wilayah Timur Bakamla RI Laksma Bakamla Dr. Drs. Haris Djoko Nugroho, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Perwakilan dari Instansi TNI-Polri, Perwakilan Unsur Forkopimda, Perbankan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta hadirin undangan dan peserta apel.


    Dalam amanat Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail,  yang dibacakan oleh Sekda Provinsi Maluku menyampaikan bahwa dalam konteks keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Maluku tidak perlu dipertanyakan dan diragukan lagi.


    "Kedaulatan dan kemerdekaan yang sudah kita nikmati dewasa ini, adalah juga hasil dari imajinasi dan perjuangan para founding fathers kita dari Maluku. Maluku sebagai salah satu provinsi pertama di Indonesia bersama tujuh provinsi lainnya yang berusaha menyatukan Indonesia sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928", tutur beliau.


    Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. 


    "Revolusi Mental sebagai upaya besar kita semua dalam menguatkan karakter kebangsaan kita dengan mengubah cara pandang, pola pikir, sikap-sikap, nilai-nilai dan perilaku bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari dan berkepribadian", tambah Sekda Provinsi Maluku.


    Mengingat Indonesia akan memasuki pentahapan Pemilihan Umum serentak tahun 2024 baik ditingkat daerah maupun nasional, beliau berharap kegiatan ini sebagai penggerak partisipasi aktif di seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan Indonesia yang bermartabat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.


    "Mengiringi kegiatan apel kebangsaan ini, Pemerintah Provinsi Maluku telah melakukan dzikir dan doa bersama serentak pada hari Jumat, 9 September 2022 yang dipusatkan di tempat peribadatan masing-masing disertai dengan penyerahan santunan pemerintah Provinsi Maluku bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Maluku kepada 520 anak yatim lintas agama", tutup Sekda. 

    Pada kesempatan yang sama, Brigjen Said Latuconsina menyampaikan bahwa TNI AL dalam hal ini Lantamal IX Ambon akan mendukung Gerakan Nasional tersebut, sebagaimana program nasional lain yang telah digalakkan pemerintah. 


    "Dukungan ini, selaras dengan salah satu perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yakni menjaga kepercayaan rakyat dan negara kepada TNI AL. Caranya, dengan melakukan kerja nyata atau kerja sama dalam kegiatan yang bertujuan untuk keamanan, kesejahteraan, dan kegiatan program yang bermanfaat bagi bangsa, institusi, dan negara", tandas Danlantamal IX. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gerakan Nasional Revolusi Mental, Danlantamal IX Hadiri Apel Kebangsaan Dan Doa Bersama Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top