• Headline News



    Wednesday, September 28, 2022

    Danlanud Pattimura Tinjau Langsung Proses Test Seleksi Prajurit TNI AU

    Ambon, Kompastimur.com - Komandan Lanud Pattimura, Kolonel Pnb Tiopan Hutapea, didampingi Kadispers Lanud Pattimura, Mayor Adm Yadi Rosmayadi meninjau secara langsung proses test seleksi kesamaptaan A dan B Calon Siswa (Casis) Bintara PK Pria dan Wanita TNI AU, Rabu (28/9/2022).  


    Seleksi kesemaptaan A dan B kali ini merupakan bagian dari seleksi penerimaan Calon Bintara TNI AU gelombang II TA. 2022, dan diikuti oleh 194 orang Casis yang terdiri dari 107 peserta Calon Bintara PK Pria dan 87 peserta Calon Bintara Wanita Angkatan Udara (WARA). Danlanud Pattimura menekankan bahwa seleksi kesemaptaan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh mengingat untuk menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Udara bukan hanya diperlukan minat yang tinggi dan kemampuan akademik yang baik namun juga diikuti dengan kemampuan fisik yang prima serta kondisi tubuh yang sehat. Seleksi Kesamaptaan Jasmani meliputi tes Samapta "A" yaitu lari selama 12 menit, dilanjutkan Samapta "B" yang terdiri dari kegiatan Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run, serta Renang.


    Pada kesempatan kali ini juga Danlanud Pattimura menjelaskan bahwa para Casis yang mengikuti test samapta ini adalah mereka yang sudah lolos mengikuti tahapan seleksi sebelumnya, tahapan seleksi sebelumnya adalah pemeriksaan administrasi pertama dan pemeriksaan kesehatan pertama. 


    “Tentunya kami akan mencari para calon Bintara TNI AU yang terbaik dengan melaksanakan test yang sesuai dengan persyaratan yang sudah ditentukan.”, tegas Danlanud.


    Bagi mereka yang lolos menjalani rangkaian seleksi tingkat daerah di Lanud Pattimura, selanjutnya para Casis akan melaksanakan seleksi tingkat pusat di Lanud Adi Sumarmo, Solo.  


    Pada seleksi tingkat pusat para Casis akan menghadapi seleksi yang semakin berat karena peserta seleksi pada tingkat pusat  merupakan para Casis terbaik yang dikirimkan oleh Panitia Daerah (Panda) masing-masing, sehingga Panda Lanud Pattimura selalu berusaha keras untuk mengirimkan calon prajurit TNI AU terbaik.  


    Bagi para Casis yang telah dinyatakan lolos seleksi tingkat pusat ini akan menjadi siswa pendidikan pembentukan prajurit di Lanud Adi Sumarmo, Solo.  


    Pendidikan pembentukan prajurit dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan dan kemudian para siswa akan dilantik menjadi Bintara TNI Angkatan Udara berpangkat Sersan Dua (Serda).


    Selain melaksanakan seleksi penerimaan prajurit Bintara PK TNI AU, Lanud Pattimura juga melaksanakan seleksi tingkat daerah untuk penerimaan Taruna/Taruni Akademi Angkatan Udara dan prajurit Tamtama PK TNI AU, untuk infomasi lebih lanjut perihal pendaftaran prajurit TNI AU dapat dilihat di Dinas Personel Lanud Pattimura atau pada situs https://diajurit.tni-au.mil.id. (AJP)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Danlanud Pattimura Tinjau Langsung Proses Test Seleksi Prajurit TNI AU Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top