• Headline News


    Friday, August 12, 2022

    Ziarah Ke TMP Kapaha, Anwar Minta Bercermin Pada Nilai Dharma Karya Dhika

    Ambon, Kompastimur.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku melakukan Ziarah dan Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha, dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 Tahun 2022.


    Ziarah dan Upacara tabur bunga ini Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan Ziarah dan Upacara Tabur Bunga kali ini dilangsungkan di bulan Agustus yang mana biasanya dilangsungkan di bulan Oktober.

    Hal ini didasari oleh Surat Keputusan Menkumham Nomor M.MH-2.OT.01.03 Tahun 2021 tanggal 26 Oktober 2021, yang secara resmi menyatakan Hari Lahir Kemenkumham yang selanjutnya disebut Hari Dharma Karya Dhika ditetapkan dan diperingati setiap tanggal 19 Agustus setiap tahunnya.


    Keputusan itu berlaku efektif mulai 1 November 2021 serta mencabut Keputusan Menteri Kehakiman Tahun 1985.


    Hari Dharma Karya Dhika memiliki makna manusia yang diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajibannya, aturan, dan kebenaran. 


    Memaknai hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku H.M Anwar N dalam arahannya saat pelaksanaan upacara bersama mengajak para peserta Insan Pengayoman untuk bercermin pada nilai Dharma Karya Dhika.

    “Kita sudah sepatutnya berintrospeksi diri, mengenang perjuangan para pahlawan sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi kita para Insan Pengayoman dalam memahami proses panjang dalam mewujudkan Indonesia yang semakin kuat dan Tangguh, membangun semangat kebersamaan mewujudkan Kemenkumham semakin pasti dan berakhlak,” ucap Anwar.


    Setelah melakukan penghormatan dan hening cipta mengenang jasa para Pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Struktural, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Kota Ambon dan Pejabat Fungsional Tertentu di Lingkungan Kanwil. (KT/AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ziarah Ke TMP Kapaha, Anwar Minta Bercermin Pada Nilai Dharma Karya Dhika Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top