• Headline News


    Tuesday, August 2, 2022

    Rulien Purmiasa Ganti Tetelepta Sebagai Plt. Direktur PDAM

    Ambon, Kompastimur.com - Asisten Administrasi Umum Sekretaris Kota Ambon, Rulien Purmiasa, telah dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Kota Ambon menggantikan Alfonsus Tetelepta, Senin (1/8/2022).


    Acara pelantikan dipimpin oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dan dihadiri oleh Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dan karyawan PDAM,  serta Kasat Pol. PP kota Ambon, Yosi Lopies yang hadir dalam acara pelantikan tersebut di balai kota. Namun dalam pelantikan itu Alfonsus Tetelepta sendiri tidak hadir.


    Pj Walikota Ambon, Bodewin Watimena dalam sambutannya mengatakan, pelantikan Plt. Direktur PDAM merupakan bagian dari tugas pemerintah yang  mesti dilakukan dalam rangka menata organisasi.


    “Tugas pemerintahan bukan hanya administrasi pemerintahan yang jadi tanggungjawab sesuai jabatan dan kedudukan, tapi tugas yang penting lainnya adalah menata OPD atau organisasi,” ujarnya.


    “Bukan soal bagaimana memberikan kontribusi bagi kota Ambon, tapi bagaimana menjalankan fungsi dengan baik, yakni membantu Pemkot menyediakan air bersih kepada warga kota,” tambah Wattimena.


    Wattimena mengakui bahwa berdasarkan hasil evaluasi, kinerja PDAM memang harus diperbaiki. Dirinya bersama Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse beberapa waktu lalu telah melakukan tinjauan langsung ke PDAM serta berdiskusi untuk mendapatkan masukan bagaimana memperbaiki kinerja PDAM.


    Salah satu yang menjadi masukan adalah penggantian Plt. direktur, dimana Alfonsus Tetelepta pada saat yang bersamaan menduduki dua jabatan direktur yakni di PDAM dan PT. DSA yang juga bergerak dalam penyediaan air bersih.


    “Saya mengakui direktur PDAM adalah orang profesional, tapi menduduki dua jabatan, dengan kemampuan seperti apapun itu, pasti sulit untuk megembangkan dua perusahaan dalam satu waktu. Itu menjadi alasan mengapa perlu diangkat Plt. Direktur PDAM yang baru,” bebernya.


    Kepada Purmiasa, selaku Plt Direktur PDAM yang baru, Pj. Wali Kota berharap dapat menjalankan tugas dengan baik, diantaranya untuk mempersiapkan calon dewan pengawas dalam mengangkat direktur PDAM defenitif, untuk membenahi dan memperbaiki hal - hal secara teknis maupun managerial.


    Sementara Purmiasa kepada awak media mengatakan, PDAM juga di pandu oleh  regulasi terhadap tujuan.


    Adapun tujuan PDAM adalah, (1). Memberikan manfaat kepada ekonomi daerah, (2). Menyelenggarakan kemanfaatan umum,untuk memenuhi hajatan  hidup orang banyak, (3). Memperoleh laba.


    "PDAM  di bangun di atas  4 pilar  aspek  yakni aspek layanan, Aspek sumberdaya manusia, Aspek operasi dan keuangan yang akan di lihat dan di perbaiki berdasarkan prioritas kebutuhan yang ada untuk kesejahteraan hidup orang banyak," pungkas Purmiasa. (KT/AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rulien Purmiasa Ganti Tetelepta Sebagai Plt. Direktur PDAM Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top