• Headline News


    Friday, August 19, 2022

    Legitimacy & Public Trust Jadi Highlight Kakanwil Pada Upacara HDKD Kemenkumham Ke-77


    Ambon, Kompastimur.com
    - Ukuran keberhasilan kita bukan lagi sekedar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka, namun yang terpenting adalah memperoleh kepercayaan publik “Public Trust” dan memperoleh “Legitimacy” Masyarakat. 


    Hal ini menjadi highlight yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku H.M Anwar N yang bertindak sebagai Inspektur Upacara saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H.Laoly pada Upacara Hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam memperingati Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Ke-77, Jumat (19/08/2022).


    Menjadi sejarah baru, upacara yang biasanya terlaksana pada tanggal 30 Oktober ini berganti menjadi 19 Agustus setiap tahunnya atas hasil pengkajian, penelusuran sejarah dan bukti-bukti autentik, serta hasil wawancara dengan sesepuh dan pakar hukum pada Tahun 2021 lalu yang kemudian ditetapkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly melalui Surat Keputusan Nomor. M.HH-02.OT.01.03 Tahun 2021 tentang Penetapan Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

    Anwar menegaskan, menjadi dasar keberhasilan pembangunan di bidang hukum dan HAM ialah indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik. 


    “Pahami bahwa yang menjadi tolak ukur keberhasilan harus berdasar pada Indeks kepuasan masyarakat yang dalam implementasinya, kita Jajaran Kemenkumham harus memperkuat hubungan internal, meningkatkan sinergitas, serta membuka partisipasi masyarakat yang seluas-luasnya,” tegas Anwar.


    Lebih lanjut, ditekankan oleh Kakanwil bahwa dengan bertambahnya usia, hari jadi yang diberi tajuk “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin Pasti dan BerAKHLAK” ini harus dimaknai dengan sebaik-baiknya.


    "Dalam arti kita harus meningkatan kinerja guna mewujudkan Kemenkumham menjadi organisasi kelas dunia dan memiliki keunggulan kompetitif memasuki era society 5.0 dalam mengimplementasikan tata nilai PASTI dan BerAKHLAK," ujarnya.


    Selepas pelaksanaan upacara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan syukuran dan pemberian anugerah kepada pegawai atas prestasi dalam berbagai ajang semarak HDKD baik yang dilakukan ditingkat Kanwil maupun Nasional.

    Tak hanya kepada pegawai, penganugerahan juga diberikan kepada instansi diluar Kemenkumham yakni Dinas Perikanan Kabupaten Buru sebagai mitra Kemenkumham dalam melakukan program pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Kelas III Namlea, dan Manager Ambon City Center sebagai pelaku usaha yang taat hukum serta komitmennya dalam menjaga dan memperjualbelikan barang-barang tidak melanggar Kekayaan Intelektual .


    Upacara ini berlangsung di Lapangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon. Kegiatan dihadiri oleh sesepuh pengayoman Kemenkumham Maluku, Pimpinan Tinggi Pratama dan diikuti oleh segenap jajaran Kanwil Kemenkumham Maluku se-Kota Ambon. (KT/ AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Legitimacy & Public Trust Jadi Highlight Kakanwil Pada Upacara HDKD Kemenkumham Ke-77 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top