• Headline News


    Tuesday, August 16, 2022

    Danlantamal IX Siap Kibarkan Bendera Merah Putih Bawah Laut Di Saparua

    Ambon, Kompastimur.com
    Komandan Lantamal IX Ambon (Danlantamal IX Ambon) Brigjend TNI (Mar) Said Latuconsina, langsung menguji kesiapan pengibaran merah putih bawah laut di Saparua, Selasa (16/08/2022). 


    Kegiatan pengibaran bendera Merah Putih bawah laut di 77 lokasi Nusantara yang rencananya akan dilaksanakan secara bersama pada 17 Agustus 2022 adalah agenda nasional.


    Untuk Lantamal IX Ambon sendiri akan mengibarkan di Saparua dan pantai Batu Kuda, Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon. 


    Danlantamal IX Ambon, Brigjend TNI (Mar) Said Latuconsina menyampaikan bahwa pengecekan kesiapan seperti ini penting dilakukan untuk memastikan kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar, mengingat cuaca untuk wilayah Maluku kurang bersahabat akhir-akhir ini. 


    "Hari ini kita cek kesiapan peralatan dan personel  serta lokasi  pengibaran Merah Putih bawah Laut, semoga besok pada saat pelaksanaan cuaca mendukung sehingga pelaksanaan dapat berjalan aman dan lancar." tutur Danlantamal.


    Pulau Saparua lanjutnya,  mempunyai destinasi wisata Benteng Duurstede yang dibangun pertama kali oleh Portugis pada tahun 1676, kemudian direbut oleh pemerintahan VOC. Pada 16 Mei 1817. Benteng ini diserbu dan dikuasai oleh rakyat Saparua dibawah pimpinan Kapitan Pattimura. 


    "Thomas Matulessy atau yang dikenal sebagai Kapitan Pattimura adalah pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Haria Pulau Saparua. Selain hal tersebut, pulau Saparua juga memiliki destinasi wisata bawah laut yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan," puji Latuconsina.


    Dalam pengecekan kesiapan ini, Danlantamal langsung di dampingi Danyonmarhanlan IX Mayor Marinir Rowin Z Simarmata, M.Tr.Opsla selalu Ketua Panitia Pelaksana pengibaran bendera Merah Putih bawah Laut Lantamal IX. (KT/AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Danlantamal IX Siap Kibarkan Bendera Merah Putih Bawah Laut Di Saparua Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top