• Headline News

    Wednesday, July 27, 2022

    Watimena Buka Kegiatan Pelatihan UMKM Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompstimur.com,-Pemkot menggelar pelatihan bagi pengusaha Koperasi mikro dan kecil sebagai sarana peningkatan kapasitas dalam menjalankan usaha menuju ajang kesuksesan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari di Manise Hotel, Kota AMBON dari tangga 26 sampai 29 Juli 2022.


    Acara pembukaan pelatihan usaha mikro dan kecil di hadiri oleh, Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, sekaligus memberikan sambutan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, para Safari asisten pimpinan APD dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon, Ketua Dewan Koperasi Daerah Kota Ambon, 3 (tiga) sebagai narasumber,  Pendeta Lanahoru, dan Kasat Pol. PP. Kota Ambon, Yossy Lopies  juga turut hadir bersama dalam acara pembukaan tersebut serta para peserta dan tamu undangan lainnya.


    Pelatihan tersebut di berikan oleh 3 Nara sumber yg telah di siapkan sebagai fasilitator untuk  memberikan materi selama pelatihan berjalan.


    Wali  kota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan bahwa koperasi dan usaha mikro kecil merupakan urat nadi perekonomian bangsa dan memiliki peran penting dalam pembangunan antara lain menjadi pilar pertama kegiatan ekonomi, dan penyedia lapangan kerja terbesar.


    Ia juga menambahkan bahwa ketika adanya pandemi Covid-19 yang terjadi mengakibatkan UMKM tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, oleh sebab itu pemerintah hadir sebagai pendorong percepatan pengembangan koperasi dan UMKM sebagai kebijakan pemulihan ekonomi nasional pada sektor koperasi.


    "UMKM dan koperasi telah di laksanakan untuk memberikan  bantuan sebagai pemula bagi pelaku usaha, menambah dana LPDB (Lembaga pengelola dana berkualitas), memberikan subsidi bunga, keringanan pembayaran pinjaman bagi UMKM melalui KUR( Kredit Usaha Rakyat)," terangnya.


    Dijelaskan, salah satu upaya pemerintah yang juga terus dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan UMK dalam upaya kestabilan ekonomi nasional dan pengembangan koperasi dan UMKM adalah peningkatan kapasitas koperasi usaha mikro dan kecil. 


    Keduanya dilaksanakan di seluruh kabupaten kota dan dibiayai dengan dana alokasi khusus dalam anggaran pendapatan dan belanja negara kepada daerah dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan peningkatan kapasitas koperasi usaha mikro dan kecil.


    Ia juga menambahkan pemerintah Kota Ambon sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah sangat menyambut baik dan mensuport penuh semua program kegiatan pemerintah pusat yang dilaksanakan di daerah dengan terus melaksanakan akselerasi dan sinkronisasi program kegiatan di daerah sehingga dapat bersinergi dan telah tergambarkan pada 11 kebijakan penurunan angka kemiskinan.


    Akhir dari sambutan Wattimena berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para peserta untuk dapat menambah ilmu, membuka wawasan dan memberi semangat baru dalam upaya mengembangkan usaha yang lebih baik ke depan.


    Kepada para narasumber, Watimena titipkan para peserta pelatihan ini agar dapat dibimbing dengan baik sehingga ilmu yang diberikan dapat diserap oleh peserta kegiatan.


    "Ilmu dan pengetahuan yang dimiliki dapat dibagi dengan para peserta agar mereka dapat menjadi pelaku-pelaku saya sukses di bidang usahanya," tandasnya. (KT/AJP)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Watimena Buka Kegiatan Pelatihan UMKM Pelaku Usaha Mikro dan Kecil Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top